About Me

header ads

Waspada, Jajanan Anak di Musim Hujan


Musim penghujan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menghimbau agar semua elemen, baik orangtua maupun sekolah mengawasi jajanan yang dibeli oleh anak-anak.

Kepala BPOM DIY, Rustyawati menjelasnya jika musim hujan banyak sekali makanan atau minuman yang rentan dihinggapi lalat.

Oleh karenanya semua pihak harus ekstra hati-hati dalam menjaga makanan, terkhusus untuk anak-anak
"Kita musim hujan, kita harus ektra hati-hati, dimana cuaca terkadang juga ekstrem, kesehatan tubuh otomatis juga menurun. Oleh karenanya, dihimbau juga untuk anak-anak tidak jajan ,"terangnya. 

Dia menjelaskan, ketika makanan atau minuman yang tidak sehat atau sudah tercemar oleh kuman, dapat menimbulkan diare dan penyakit lainnya.
Oleh karenanya dia menghimbau agar anak-anak sebisa mungkin untuk tidak jajan di luar.

Atau paling tidak orangtua membawakan bekal ke sekolah untuk memastikan makanan yang dimakan oleh anak bersih.

"Dampak akan tergantung pada prodak yang dia konsumsi. Kalau bisa mengurangi jajan di luar yang tidak higienis. Kalau lingkungan yang menjual tidak terawat dengan baik, ada sampah-sampah, itu indikasi lalat banyak. Ya sebaiknya mengolah sendiri di rumah. Orangtua baiknya membawakan bekal, karena itu terjamin kesehatannya," ungkapnya.

Rustyawati menjelasnya jika dari pihaknya setiap tahunnya selalu melakukan pengawasan ke sekolah-sekolah.
BPOM sendiri telah melakukan program sertifikasi kantin sehat di sekolah-sekolah bersama dengan Dinas Kesehatan.

"Kita juga sudah dibina sekolah untuk menguji sendiri kantinnya untuk mengolah makanan dengan baik dan sehat. Kalau ada yang bagus kita beri sertifikat kantin yang sehat. Kita kerjasama dengan Dinas Kesehatan, mereka memberikan sertifikasi laik hyginies," jelasnya

Dia juga meminta kepada sekolah untuk selalu peduli dengan apa yang di makan oleh anak-anak, dimana Kepala Sekolah berkewajiban menciptakan sekolah yang mendukung kesehatan.

"Sekolah juga harus mandiri, mengawasi kembali kantin. Anak didik harus diingatkan konsumsi yang sehat. Orangtua harus meningkatkan kepedulian, terutama musim hujan seperti ini. Jangan sampai dibiarkan makan sembarangan di jalan. Ada juga anak yang peka terhadap pemanis buatan, itu harus dijaga, karena dia akan langsung batuk kalau minum yang ada pemanis buatan," terangnya. (tribunjogya)

Posting Komentar

0 Komentar