About Me

header ads

Jam Makan Malam Yang Baik Untuk Kesehatan

Foto seorang wanita yang makan dimalam hari (dok.google)

Tidak sedikit orang yang kebingungan mengenai jam makan malam untuk diet yang baik. Ketika makan terlalu awal, Anda mungkin khawatir akan merasa lapar lagi nantinya. Namun, jika makan terlalu larut, hal ini ditakutkan menyebabkan gendut.

Belum lagi pengaruh aktivitas lain yang tengah dilakukan, bisa saja membuat waktu makan malam Anda menjadi mundur atau maju. Hal ini tentu dapat membuat pola makan Anda tidak teratur. Lantas, kapan jam makan malam yang tepat?

Jam makan malam yang baik
Sebetulnya, tidak ada aturan khusus mengenai jam makan malam yang sehat. Namun, umumnya disarankan untuk makan malam sebelum pukul 19.00 atau paling lambat 3 jam sebelum tidur.Beberapa pakar gizi juga menyatakan bahwa jam makan malam untuk diet yang terbaik adalah pukul. 17.00-18.00. Ini karena pada waktu tersebut, tubuh akan lebih punya banyak waktu untuk mencerna dan menyerap metabolisme makanan sebelum tidur.Pada malam hari, secara ilmiah tubuh akan mengistirahatkan organ-organnya karena mempersiapkan diri untuk tidur.

Mengonsumsi makanan terlalu malam bisa menyebabkan lebih banyak lemak yang disimpan dibandingkan lemak yang diubah menjadi energi, sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh.Selain itu, batas makan malam sampai jam 18.00 ini juga lebih dianjurkan, karena tubuh umumnya belum merasa lapar, sehingga makan sebelum kelaparan akan mempermudah Anda dalam mengontrol asupan makanan yang masuk.

Penulis : Zulfa
Editor   : Bagoes

Posting Komentar

0 Komentar