About Me

header ads

Peringati HPSN, DLH Blora Terjunkan Tim Saber Sampah Di Desa Ngraho


Dalam rangkaian kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blora menyelenggarakan kerja bakti serbu sampah dirangkaikan dengan peyerahan dan  penanaman bibit buah di desa Ngraho, Kecamatan Kedungtuban, pada Jumat (25/02/2022).

Titik sasaran serbu adalah Jalan Raya Cepu - Randublatung tepatnya di depan SMPN 1 Kedungtuban. Sasaran serbu adalah sampah sampah yang dibuang sembarangan oleh warga. 

Personil yang terlibat dalam pelaksanaan kerja bhakti ini adalah dari DLH Blora, Pasukan Sapu Bersih (Saber) Sampah Blora,  Kades Ngraho beserta perangkatnya, Mahasiswa STAI Almuhammad Cepu yang sedang KKN di Desa Ngraho dan  Babinsa Ngraho.

Kegiatan diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLH) Blora, Istadi Rusmanto, ST, MT. 


Selesai pengarahan dari Kepala DLH, dilanjutkan dengan penyerahan bibit tanaman buah secara simbolis dari Kepala DLH kepada Kades Ngraho yang selanjutnya diteruskan kepada Sekdes Ngraho untuk dilakukan penanaman.

Istadi Rusmanto, St, MT, menjelaskan kegiatan serbu sampah ini diselenggarakan untuk menjaga kebersihan agar jalan kelihatan bersih dan indah. Serbu sampah ini juga merupakan edukasi pada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Alhamdulillah untuk kegiatan hari ini kita libatkan beberapa elemen, dari DLH, pemerintah desa Ngraho yang dikoordinir oleh Kades dan perangkatnya,  Mahasiswa KKN dari STAI Almuhammad Cepu, Bhabinsa  Ngraho, pasukan Saber Sampah. Alhamdulillah semuanya dijalankan dengan antusias dan semangat," terang Kepala DLH Blora.

Dipilih Desa Ngraho, jelas Istadi Rusmanto,  karena Desa Ngraho merupakan salah satu desa binaan dari DLH.

"Kita pilih Desa Ngraho karena merupakan desa binaan DLH dan ini juga rangkaian kegiatan peringatan HPSN Tahun 2022 di Blora yang puncaknya akan kita selenggarakan pada Jumat 4 Maret,"  pungkas Istadi Rusmanto.

Sementara Sri Lestari Handayani menyampaikan terima kasih kepada pak Istadi selaku Kepala DLH beserta jajarannya, atas kolaborasi kegiatan hari ini," jelas Kades Ngraho.

Purwanto koordinator desa mahasiswa KKN dari STAI Almuhammad Cepu di desa  Ngraho yang ikut dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa ini merupakan salah satu wujud partisipasi Pengabdian  Kemasyarakatan atau PKM dan sangat setuju dengan kegiatan seperti ini.

"Dalam kegiatan  ini kami melibatkan 6 personil dari 13 mahasiswa STAI Al Muhammad Cepu yang melakukan KKN di desa Ngraho dan kami sangat setuju dan mendukung kegiatan seperti ini," ucap Purwanto.

Selesai pelaksanaan serbu sampah dilanjutkan dengan penanaman bibit buah Sirzat di obyek wisata Wono Aji. (kSo)

Posting Komentar

0 Komentar