About Me

header ads

Anggota DPRD Provisi Jateng Dukung Barongan Blora Dipatenkan


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Jawa Tengah, Rohmat Marzuki S.Hut mendukung agar kesenian barongan di hak patenkan sebagai kesenian khas dari Blora. 

Hal tersebut disampaikan oleh Rohmat Marzuki saat sosialisasi kebijaksanaan melalui media tradisional di Desa Kamolan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Minggu (29 /1/2023).

Untuk mewujudkan hal itu, Rohmat Marzuki mengatakan dibutuhkan kolaborasi dari banyak  pihak. 

Menurutnya,  dari Pemerintah Kabupaten Blora harus mengajak bicara atau bermitra dengan kementriaan pariwisata dan juga mengusulkan itu pada  Kemenkumham.

"Karena disitu ada dirjen urusan HAKI, jadi tentunya kami dari DPRD Propinsi akan mendukung kalau  memang barongan ini khas dari Blora untuk kemudian di patenkan, maka kami akan bersama  Pemkab berkolaborasi supaya kita mengusulkan dengan kementrian untuk di patenkan kesenian barongan sebagai ciri khas dari Blora, " jelasnya. 

Kabupaten Blora, dikatakan oleh Rohmat Marzuki memiliki banyak potensi seni dan budaya yang sangat luar biasa. 

"Ada beberapa  yang menjadi khas atau unggulan dari Blora, seperti Barongan, Karawitan juga wayang, tayub dan campursari," ungkapnya. 

Semua itu dijelaskan oleh Rohmat Marzuki merupakan potensi yang  sangat luar biasa yang harus  dilestarikan dan dikembangkan, untuk kemajuan Blora.

"Bandara Ngloram seharusnya bisa menjadi pendongkrak ekonomi, melalui seni dan budaya kita berharap bisa menarik wisatawan untuk berkunjung di kabupaten blora karena sudah ada Bandara Ngloram,"paparnya.  

Untuk itu, anggota Komisi B DPRD Provinsi itu mengatakan perlu adanya banyak  diciptakan pentas kesenian, kemudian festival-festival kesenian di Blora, sehingga itu bisa menarik wisatawan.


Sementara itu terkait tentang kegiatan sosiaslisasi yang dilaksanakan dengan kegiatan melalui kesenian tradisional, hal itu dimaksudkan sebagai upaya untuk melestarikan budaya budaya bangsa.

Hadir  para kepala desa dari  Kecamatan Blora, Jepon, dan Jiken. Juga dari tokoh budaya dan seni, Sekcam Blora Kota, Pepadi , Sudarwanto S.Pd anggota DPRD Kabupaten Blora dari partai Gerinda dan masyarakat Kamolan. ( ms dhe & hd) 


Posting Komentar

0 Komentar