About Me

header ads

Peringati HPSN, Adipura Jadi Kado Istimewa Blora


Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, Pemkab Blora mengadakan apel bersama dan kerja bakti di SDN 1 Jetis Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jum'at (03/03/2023).

Mengambil tema "Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat" kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Blora yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi.

Pada kesempatan itu, Komang menyampaikan rasa syukur karena pada tahun ini Pemkab Blora menerima Piala Adipura. 

" Di era Bupati Blora Arief Rohman dan wakil Bupati Blora Tri Yuli Setiyowati tahun ini mendapat Adipura atas kerjasama dari seluruh unsur PNS, ASN, OPD Dinas dan sebagainya harus memberikan contoh pada masyarakat dalam pengelolaan sampah," jelasnya. 

Lebih lanjut, Komang mengatakan masyarakat digerakkan untuk bersama-sama memiliki komitmen bersama, sehingga sampah itu perlu di tata di kelola dengan baik tidak menimbulkan masalah baik hari ini maupun kemudian hari.

"Saya kira Dinas Lingkungan Hidup (DLH) cukup bagus, walaupun disana sini masih perlu di perbaiki, dan saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Blora yang telah mendapatkan Adipura," ucapnya.

Karena Blora kembali mendapatkan Adipura, Komang berharap bisa mempertahankan, selain itu jangan karena mendapatkan Adipura kemudian pengelolaan sampah, kebersihan lingkungan dan lain sebagainya itu diabaikan.

"Terakhir Blora mendapatkan Adipura tahun 1986 dan setelah sekian lama Blora tahun 2023 ini mendapatkan Adipura kembali," tambahnya.

Komang menambahkan, DLH dari leading sektornya dan diikuti oleh dinas-dinas yang lain, untuk terus memberikan sosialisasi, terutama masyarakat yang bermukim sekitar bantaran sungai agar tidak membuang sampah sembarangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Istadi Rusmanto menyampaikan, dengan kegiatan ini dapat menggugah kesadaran semua elemen masyarakat terkait dengan peduli sampah.

Dengan begitu, kata Istadi sampah bisa tertangani dengan baik, tidak berserakan dan kota Blora bisa bersih, dan asri.

"Sehingga Adipura bisa kita peroleh III kali dan bisa mendapatkan Adipura kencana oleh karena itu kita harus optimis untuk mewujudkan Blora bersih sampah," ucapnya.

Lanjutnya, terkait dengan kesadaran masyarakat nanti kita bentuk bank sampah di semua desa-desa dan kelurahan, di dalam bank sampah itu kita lakukan pembinaan untuk masyarakat sehingga sampah bisa tertangani dan kita jangan pantang menyerah, tetap semangat demi Blora bersih dari sampah.

"Dengan adanya perda sampah nanti kita lakukan pendekatan, kita sentuh hatinya sehingga masyarakat diharapkan bila sudah sadar kedepannya bisa enak dan masyarakat sudah sadar betapa pentingnya menangan sampah mewujudkan Blora bersih," tuturnya.

Tahun ini untuk Adipura ada 4 katagori Adipura kencana, Adipura, Adipura sertifikat dan plakat dan Blora mendaptak katagori yang kedua yang itu Adipura.

"Kita harus tetap semangat, kita pertahankan sampai tiga kali sehingga memperoleh Adipura lencana kita harus tetep semangat, kita gelorakan, beri motivasi masyarakat lakukan pendampingan dan optimis," pintanya.


Sementara dalam kesempatan di sela sela acara  tim Penggerak PKK Pokja 3    Kabupaten Blora ibu Asih   mengucapkan Selamat Pemerintahan Kabupaten Blora Atas Diraihnya Penghargaan Adipura.

"Ini merupakan upaya kerja keras dari Pemkab Blora dan dinas DLH  Serta masyarakat dalam peran penanganan sampah dan kebersihan lingkungan di kabupaten Blora," ucapnya. (ms dhe & hd) 

Posting Komentar

0 Komentar