About Me

header ads

Cegah Kebakaran Hutan, Polsek Gunem Bersama Perhutani Gelar Apel Siaga


REMBANG,- Kepolisian Sektor (Polsek) Gunem bersama dengan Perhutani Mantingan gelar apel siaga kebakaran hutan wilayah Mantingan di Persemaian Soca, turut Desa Sendangmulyo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, (27/06/2023).

Kegiata apel dihadiri oleh Waka Adm Mantingan Dwi Anggoro Kasih, Camat Gunem  Drs Kasturi, Kapolsek Gunem Joko Susilo, Danramil Gunem, Asper Demaan, Asper Kebon beberapa kepala desa sekitar kawasan hutan Gunem serta jajaran anggota Polsek, Koramil, Polter BKPH Demaan.

Kapolsek Gunem AKP Joko Susilo dalam gelaran apel menyampaikan bahwa apel kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kecamatan Gunem ini merupakan bentuk kegiatan sinergitas antara Polri dan Perhutani serta jajaran stake holder di Kecamatan Gunem. 


" Menjelang bulan Agustus kita memasuki kemarau panjang menurut prakiraan BMKG Jawa Tengah. Untuk itu kita harus  mempersiapkan secara dini mencegah terjadinya  terjadi kebakaran hutan,” ujarnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab moral, AKP Joko Susilo mengajak seluruh elemen masyarakat, tokoh masyarakat sekitar kawasan hutan untuk peduli kepada kawasan hutan Gunem mengingat kawasan hutan gunem banyak sekali mata air yang harus kita lindungi. 

" Karena Perhutani tidak bisa bekerja sendiri, tanggung jawab untuk melestarikan hutan adalah kita semua, ” papar Joko.

Kegiatan apel bersama ini juga merupakan sosialisasi kepada seluruh masyarakat kawasan hutan agar turut aktif untuk membantu mensosialisasikan betapa pentingnya hutan untuk kehidupan. 

" Makanya bila terjadi kebakaran kita harus cancut taliwondo bersama –sama untuk memadamkan api sesuai dengan peralatan yang kita punyai, termasuk membuat ilaran agar api yang menyala tidak meluas kemana-mana, " ujarnya. 

Disi lain juga kita kita bisa meminta bantuan kepada damkar kabupeten Rembang untuk wilayah yang bisa dilewati oleh kendaraan damkar.

" Untuk wilayah pegunungan dan daerah yang terjal tebing lereng kita bisa meminta bantuan kepada BBPT untuk memadamkan kawasan hutan yang sulit dijangkau dengan menggunakan helikopter, " papar dia.

Sementara itu Waka Adm Mantingan Dwi Anggoro Kasih menambahkan bahwa kita sudah bekerjasama dengan BPBD kabupaten Rembang apabila terjadi kebakaran hutan, BPBD siap untuk membantu pemadaman sesuai dengan peralatan yang dipunyai BPBD kabupaten Rembang.

Karena kawasan Desa Sendangmulyo ini adalah kawasan sumber mata air, Dwi Anggoro mengajak masyarakat sekitar untuk menjaga sumber mata air dan kelestarian hutan dari kejahatan orang –orang yang akan merusak kawasan hutan Gunem. (Sigit).

Posting Komentar

0 Komentar