About Me

header ads

Cetak Atlet Profesional, SMP N 1 Rembang Buka KKO


REMBANG- SMP N 1 Rembang untuk pertama kalinya rintis kelas khusus olah raga (KKO) pada PPDB tahun akademik 2023/2024. 

Pembukaan kelas khusus olah raga merujuk pada surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang No. 426/0674/2023 tentang penetapan kelas khusus Olah raga kabupaten Rembang  Pada Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rembang tahun ajaran 2023/2024.

Kepala Sekolah SMP N 1 Rembang, Nur Hasan MPd yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan Pemuda dan Olah Raga Dinas Pendidikan Haryanto  menjelaskan, dibukanya KKO bertujuan untuk mengakomodir potensi dan bakat/minat anak-anak di Kabupaten Rembang dalam bidang olahraga. Harapannya KKO bisa membuat siswa fokus mengembangkan potensinya di bidang olahraga. Selain itu juga bisa menjembatani para siswa untuk menjadi atlet-atlet profesional.


“Kami melihat potensi anak-anak di Rembang dalam bidang olahraga itu sangat tinggi. Khususnya sepakbola, Atletik, bola Volly, dan Pencak silat. Maka kami memfasilitasi agar bibit-bibit atlit muda yang ada di Kabupaten Rembang bisa terdeteksi secara dini,”beber Nur Hasan disela sela kegiatan seleksi yang dilakukan lapangan Basket dan Aula.  Rabu 7/06/2023.

Ia menambahkan, untuk kurikulum yang diterapkan dalam KKO nantinya bersifat fleksibel sesuai dengan petunjuk pembelajaran pada kelas KKO. Siswa dari KKO bisa lebih leluasa ketika mengikuti kegiatan-kegiatan atau training camp di luar kelas yang berhubungan dengan event olahraga. 

“Ada juga penyesuaian kurikulum, sehingga anak-anak tidak tertekan ketika meninggalkan pelajaran di kelas. Jadi enjoy saja, tapi tetep tangguh jawab,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Pembinaan Pemuda dan Olah Raga  menekankan, selain pada aspek kurikulum, pihak sekolah telah melakukan beberapa persiapan. Baik dalam hal sarana prasarana maupun tenaga pendidik. Beberapa tenaga pendidik diakuinya sudah memiliki lisensi dalam bidang olahraga.


Selain itu, SMP N 1 Rembang juga telah menjalin kerjasama dengan KONI Rembang, Dindikpora Kabupaten Rembang, dan beberapa Pelatih Olah raga di Rembang yang sudah pinya lisensi kepelatihan . 

“Dengan dukungan dari banyak pihak ini, semoga KKO ini bisa berjalan lancar dan bisa menghasilkan bibit atlit muda yang potensial untuk membela kabupaten Rembang dalam Por prov serta menciptakan atlit muda yang berprestasi baik tingkat daerah maupun Nasional.

Untuk kelas  KKO di buka 1 kelas dengan jumlah siswa 32 siswa pada tahun akademik 2023/2024. Cabang olah yang diampu pada KKO antara lain Pencak silat, Bola Volly, Bola Volly Pantai dan Atletik. 

“Lanjut Haryanto, tahun ini kita bari bisa kucurkan anggaran Untuk membuka KKO sebesar 200 Juta rupiah untuk setengah semester. SMP N 1 Rembang menjadi satu-satunya sekolah yang mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Rembang  dari  Atau terpilih menjadi salah satu dari 61 SMP /MTS  se Kabuparen Rembang, ”pungkasnya. (Sigit).


Posting Komentar

0 Komentar