About Me

header ads

Hadiri Sedekah Bumi di Growong-Tunjungan, Padmasari Ajak Lestarikan Budaya Lokal


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Jawa Tengah, Padmasari Mestikajati, S. IP, M. Si., menghadiri acara sedekah bumi di Dukuh Growong, Desa Sukorejo, Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Kamis (15/6/2023).

Padmasari yang merupakan putri dari Bambang Sadono pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi dan bersyukur, karena budaya lokal warisan para leluhur masyarakat Blora sampai sekarang masih dilestarikan dan terawat baik.

“Kita nguri-uri (melestarikan) adat istiadat dan kebudayaan peninggalan leluhur. Kami berkomitmen dan mendukung agar kearifan lokal terus hidup, " ujar Padmasari. 

Lebih lanjut, Padmasari mengungkapkan, sedekah bumi ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas seluruh berkah yang melimpah. Atas rezeki, atas kesehatan, hasil bumi, atas kerukunan antar warga, dan atas keselamatan yang kita nikmati.

Sementara itu, Kepala Desa Sukorejo, Sutrisno menyampaikan rasa syukur, kegiatan Sedekah Bumi tahun ini bisa digelar dengan baik dan penuh kebersamaan antar warga. 


" Ini sesuai dengan tema sedekah bumi tahun ini, yaitu guyub rukun, gotong royong, sakyu rukun dengan rasa persatuan dan kesatuan, " terang Sutrisno. 

Menurut Sutrisno, sedekah bumi selain sebagai sarana membangun kebersamaan dan gotong royong, juga bagian dari upaya melestarikan warisan leluhur, agar tidak tergerus arus zaman.

" Kami berharap kepada generasi muda dapat turut juga untuk bersama-sama merawan dan melestarikan budaya" jelasnya. 

Dalam sedekah bumi tersebut dimeriahkan seni campursari dan perlomban panjat pinang hingga seni kethoprak yang menyedot perhatian warga Dukuh Growong dan sekitarnya. (ms dhe & hd) 


Posting Komentar

0 Komentar