About Me

header ads

Kadivre Jateng Tinjau Pembangunan Pabrik Biomassa di Rembang


REMBANG,- Kepala divisi Regional Jawa Tengah Ir. R Ratmanto Trimahono MM lakukan sidak ke Pembangunan talut pengurukan dan pondasi bakal pabrik Biomassa di Ex TPK Landoh turut desa Landoh Kecamatan Sulang kabupaten Rembang. Selasa (27/06/23).

Sidak Kadivre Jateng juga disambut oleh PLH Adm Mantingan Yeni Ernaningsih. Kedatangan kali ini untuk meninjau langsung pembangunan talut dan juga pondasi pabrik biomassa yang ada di KPH Mantingan. 

Ratmanto dalam sidak menyampaikan secara langsung kepada pengawas lapangan Agus susanto yang juga menjabat KSS Sarpra KPH Mantingan untuk berhati-hati dalam menjalankan tugasnya.

Ia juga menegaskan untuk ke depannya agar petugas lapangan di KPH utamanya yang menangani tanah Djawatan Kehutanan (biasa disebut tanah DK) harus memaksimalkan penggunannya bila disewa oleh pihak ketiga. 

Karena tanah DK merupakan aset perusahaan. Jadi kita harus betul-betul mamanfaatkannya untuk pendapatan perusahaan.

Bahkan Ratmanto menyampaikan untuk jalan masuk lokasi pabrik saja tanah KAI yang kita pakai dengan luas 8x7 m saja meminta uang sewa seberas 50 juta pertahun. Padahal luasnya itu hanya kecil sekali. Untuk itu, beberapa aset kita yang disewa ya harus dimanfaatkan betul untuk menambah penghasilan perusahaan. 

Ada pihak ketiga yang mau menggunakan tanah atau aset kita ya harus bayar penuh sesuai dengan jangka waktu perjanjian. Bila perjanjian habis harus diperpanjang dan apabila sampai sulit ditagih maka di biarkan. Kita harus tegas karena ini tanah aset bukan tanah kawasan hutan. Kalau sudah bertahun-tahun kita biarkan ini namanya pembiaran. kalau memang sudah tidak mau membayar ya harus keluar dan dicarikan pengontrak yang lain,”tegasnya.

“Lanjut dia, ternyata untuk pembangunan talut pondasi dan pengurukan hampir selesai ya sudah 95%. Untuk itu tolong pengawas agar pekerjaan yang kita lakukan sesuai dengan tata waktu, Agar pembangunan konstroksi mesin dan pabriknya yang telah ditenderkan dengan pihak ketiga segera untuk dibangun. Dan jangan lupa agar setiap laporan yang bersifat zoom untuk dibuat manual tertulis. Hal ini untuk mengingatkan sdr bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,”ujar Ratmanto.

Sementara itu PLH Adm Mantingan Yeni Ernaningsih menambahkan bahwa kami setiap minnguan maupun bulanan menerima kemajuan pekerjaan pabrik biomassa yang ada di KPH Mantingan. Adapun semua kontroksi dan pembangunan pabrik semua di handel oleh Direksi Perhutani. Kami yang dilapangan bertugas sebagai pengawas yang juga didampingi konsultan masing-masing bidang pekerjaan,”pungkasnya.  (Sigit)

Posting Komentar

0 Komentar