About Me

header ads

Potret Kondisi Desa, Kecamatan Jepon Gelar Konfrensi


Sebagai upaya peningkatan kerja pemerintahan desa dan dinas/ instansi,  Kecamatan Jepon mengadakan konferensi se Kecamatan Jepon di Balai Desa Semurboto, (27/6/2023).

Dalam konfrensi tersebut dihadiri unsur Forkompimcam, kepala desa dan Kepala intansi serta kepala sekolah di wilayah Kecamatan Jepon. 

Camat Jepon, Drs. H. Bukhri, M. Si menjelaskan kegiatan konferensi diselenggarakan rutin secara bergilir setiap sebulan sekali dari desa ke desa.


Dikatakan H. Bukhri, konfrensi tersebut dengan tujuan untuk mendekatkan kepada masyarakat dan memotret kondisi desa masing-masing.

" Sebagai upaya agar desa mendengarkan program dari dinas/ intansi, atau juga menyampaikan keluhan dari desa, " jelas Bukhri. 

Dari hasil itu, jelas H. Bukhri untuk ditindaklanjuti ditingkat kecamatan, yang terdiri dari berbagai dinas intansi terkait.

" Contohnya seperti puskesmas dibidang kesehatan, keluarga berencana bidang kependudukan, Pertanian terkait masalah pupuk, PKH terkait Bantuan Sosial, " terangny. 

Lebih lanjut, H. Bukhri mencontohkan dalam acara tersebut, keluhan dari kepala desa tentang tanaman jagung warganya yang terkena hama, langsung mendapatkan tanggapan dan ada jawaban dari penyuluh dari Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora. 

Sementara Kapolsek Jepon AKP Ramin, dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang Polisi RW yang diprogramkan dari Pusat. Menurut AKP Ramin, nantinya polisi RW tugasnya sama dengan Babinkamtibmas, yaitu membantu terkait permasalahan yang ada di desa.

" Dalam hal ini Babinkamtibmas di desa berfungsi  melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa atau kelurahan, " ungkapnya.

Terkait dua desa yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  di Kecamatan Jepon, Forkompimcam Jepon menghimbau untuk menjaga keamanan dan ketertiban desa.

Diharapkan pilkades dapat berjalan secara langsung umum bebas dan rahasia, tetapi tetap harus menjaga keamanan dan ketertiban.

" Dan saling menghormati perbedaan dalam pilihannya, sehingga sukses dalam pelaksananya pilkades menjadi aman tertib dan  kondusif di desa masing masing, " pintanya. ( ms dhe & hd) 

Posting Komentar

0 Komentar