About Me

header ads

Tradisi Buka Kelambu Sunan Pojok Dihadiri Ribuan Jamaah


Upacara ritual membuka kelambu untuk digantikan dengan kain yang baru menjadi tradisi pada khoul Sunan Pojok. 

Masyarakat dari berbagai penjuru Blora pun tumpah ruah mengikuti prosesi buka kelambu di Makam Syeh Abdul Rohim yang terletak di sebelah selatan Alon-alon Blora, pada Sabtu (12/8/2023).

Sebelum acara pergantian kelambu, dilakukan  pembacaan tahlil bersama-sama yang di pimpin Kyai Muhtadi Nur di mulai dan diakhiri pembacaan doa oleh Kyai Afifudin.


Pelepasan dan pemasangan kelambu baru berwarna putih selama ini dianggap sakral dalam rangkaian khoul itu. 

Iringan lantunan salawat nabi membersamai kegiatan tersebut dengan disaksikan para kiai, sesepuh, tokoh agama. Serta ribuan jemaah menghadiri ritual.

Jamaah yang hadir menyaksikan pemasangan kelambu  setelah acara  selesai  dipersilahkan makan bersama tumpeng yang sudah di siapkan oleh panitia di pendopo samping makam Sunan Pojok.

Puncak acara kho dilaksanakan pada hari Minggu (13/8/2023) yang diisi dengan gelaran pengajian Akbar yang di hadiri Kyai Agus Ali Masyhuri dari Sidoarjo.

Dan rangkaian kegiatan ini kurang lengkap bila belum bawa oleh-oleh jenang gunting yang banyak di jajakan oleh UMKM dari berbagai kota dan masih banyak jajanan yang lain serta penak pernik mainan anak-anak. (ms dhe&hd)

Posting Komentar

0 Komentar