About Me

header ads

Ciptakan Toleransi, Merawat Kerukunan Beragama

Gerakan Pemuda Lintas Agama (Gema), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mempunyai peran strategis dalam membangun toleransi dan mencegah konflik beragama. 

Hal itu dikatakan Soekartono, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blora dalam Sosialisasi Gema FKUB di Tingkat Kecamatan dengan tema "Bersatu Bersama Membangun Indonesia"  di Resto Sebara Kamis (14/9/2023).

Sosialisasi dengan peserta karang taruna yang ada di 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bogorejo, Jiken, Jepon itu, Soekartono berharap akan terjalin kerukunan antar umat beragama dan saling menjaga dan merawat kerukunan antar umat beragama.

" Dapat mencegah konflik antar agama, dan semua itu tidak luput peran dari tokoh agama maupun  tokoh masyarakat, supaya dapat meningkatkan dan melestarikan kerukunan kehidupan umat beragama, " jelasnya. 

Soekartono, mengungkapkan, sosialisasi bersama Gema FKUB yaitu Generasi Muda Forum Komunikasi Umat Beragama semua terdiri dari berbagai Agama yang ada di Blora dalam ini khususnya untuk pemuda  di perwakilan 3 kecamatan dan kedepannya di semua Kecamatan.

Sementara itu, Moh Nurcholis Majib, Ketua Gema FKUB Kabupaten Blora menyampaikan sosialisasi ini diharapkan mampu membangun nilai-nilai toleransi  yang ada di Gema FKUB bisa tersalurkan sampai ke desa-desa.

Moh Nurcholis Majib, Ketua Gema FKUB Kabupaten Blora

Ditambahkan  Majib, kedepan akan membentuk Gema FKUB seluruh kecamatan di Kabupaten Blora dan akan melakukan sosialisasi bersama  Bakesbangpol.

" Tujuannya agar disetiap kecamatan terbentuk Gema FKUB  dan untuk fokus dalam keagamaan dan tentang idiologi akan ada  sosialisasi  lanjutan seluruh yang ada di Kabupaten Blora, " jelasnya 

Arah tujuan sosialisasi ini, dijelaskan Majib adalah agar peserta mengetahui nilai-nilai toleransi.

" Tidak hanya beda agama, dalam satu agama pun itu sudah ada perbedaan, nah bagaimana kita mempunyai nilai-nilai toleransi untuk siap berkehidupan dengan perbedaan, " tegasnya. 

Ketua  Gema FKUb Blora mengatakan, pihaknya selama ini telah menggandeng Gus Durian dengan mengadakan rutinitas ngobrol bareng/ kajian bareng dengan semua agama. (ms dhe&hd)


Posting Komentar

0 Komentar