About Me

header ads

Festival Barongan Perkuat Desa Wisata Tunjungan


Pemerintah Desa (Pemdes) Kalangan, Kecamatan Tunjungan menggelar festival barongan se Kabupaten Blora, di lapangan Dukuh Ngudi, Desa Kalangan, Sabtu, (2/9/2023).

Pagelaran  festival seni barongan dalam menunjang kawasan pariwisata di Kecamatan Tunjungan itu diikuti dari berbagai kelompok seni barongan sekitar wilayah Kecamatan Tunjungan dan luar kecamatan.

Kepala Desa (Kades) Kalangan, M Sholeh  menyampaikan kegiatan Festival Barongan ini  merupakan rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78, dan sekaligus mempromosikan desa wisata di Kalangan, dan di Kecamatan Tunjungan. 



" Festival seni barongan  diharapkan dapat mendukung desa kawasan Tunjungrejo dan Kalangan menjadi desa penyangga pariwisata, " terang M. Sholeh. 

Menurut M. Sholeh, Tunjungrejo merupakan dari 6 desa yang ada di kecamatan sebagai penyanggah pariwisata.

Lebih lanjut, M. Sholeh menjelaskan, dengan adanya festival ini bertujuan untuk memperkenalkan wisata Kecamatan Tunjungan utamanya Desa Kalangan.

" Dari enam desa itu meliputi wisata agropolitan, wisata pertanian, wisata peternakan, wisata kuliner dan wisata budaya, " ungkapnya.

Sholeh menjelaskan, festival seni barongan ini baru pertama kali diadakan di Desa Kalangan dan ternyata berhasil menarik banyak  pengunjung yang datang.

" Dengan acara demikian kami berharap roda perekonomian di Desa Kalangan berjalan dan  semakin meningkat, " ujarnya penuh harap. 

Atas suksesnya acara ferstival barongan tersebut, Pemdes Kalangan bertekad menjadikannya acara rutin tahunan.

" Insha Allah akan diadakan setiap tahun untuk mendukung wisata Tunjungrejo di Kecamatan Tunjungan, " tegasnya. 

Agenda festival lomba seni barongan ini  merupakan inisiatif dari pemerintah desa (Pemdes) Kalangan dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari dana desa (DD). (ms dhe & hd) 


Posting Komentar

0 Komentar