About Me

header ads

Firman Subagyo Dorong Peningkatan Kualitas & Kuantitas Produk Pertanian

Petani harus terus didukung untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertaniannya. Terlebih didukung dengan bantuan berupa alat dan mesin pertanian yang modern.

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Tanaman Semusim dan Tahunan di Kabupaten Blora yang diselenggarakan Kementerian Pertanian (Kementan).

Bimtek pengembangan komoditi tanaman semusim dan tahunan dilaksanakan di Aula Hotel Al Madina diikuti sejumlah petani tebu dan perwakilan kelompok tani, Selasa (12/9/2023).

Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo 

“Insyaallah akan kami sampaikan kepada pihak kementerian terkait, agar ada program-program kepada petani sehingga para petani dapat bertambah sejahtera,” ucap Firman.

Anggota Fraksi Golkar DPR RI ini menyampaikan, pihaknya telah banyak bersuara tentang berbagai program pertanian di saat rapat dengan kementrian pertanian agar petani di daerah  pemilihan Jawa tengah 3 meliputi kabupaten Blora , Rembang, Pati dan Grobogan lebih diperhatikan.

 “Ini semua untuk peningkatan kualitas pertanian juga kesejahteraannya,” katanya Firman di sela acara Bimtek.

Menurut Firman Soebagyo, Blora merupakan daerah penyangga untuk mencukupi kebutuhan gula nasional yang sudah berdiri pabrik gula milik BUMN.

"Blora merupakan salah satu daerah penopang produksi gula nasional atau kebun nasional sehingga di sini kita mengadakan bimbingan teknis tanaman tebu, " ungkapnya.

Sumber alam di Blora sangat mendukung di kembangkannya pertanian tebu dan saat ini sumber daya manusia juga mendukung. Seperti di kutip saat  habibie pidato  beliau menyampaikan sumber daya manusia itu menjadi salah satu hal yang utama.

"Sebuah negara itu akan maju bukan karena dari sumber daya alamnya tapi sumber daya manusianya yang sangat mendukung," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ngaliman  Plt. Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kab. Blora Kegiatan ini sebagai upaya mendongkrak hasil pertanian tanaman semusim dan tahunan.

Plt. Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kab. Blora, Ngaliman 

"Alhamdulillah di Blora termasuk sentra tanaman perkebunan diantaranya yang pertama tebu kemudian tembakau," ungkapnya.

Lebih lanjut Ngaliman menjelaskan, keberhasilan pengembangan tanaman semusim dan tahunan dalam meningkatkan produksi, karena tersedianya benih yang berkualitas, kemudian tempat waktu dan jumlah, ketersediaan dan kesiapan lahan, juga pupuk organik dan non organik tepat waktu, jenis, jumlah dan kualitas. 

" Selain itu, penerapan teknis budidaya yang baik dan benar sesuai petunjuk teknis yang ditetapkan," pungkasnya. (ms dhe&hd)

Posting Komentar

0 Komentar