About Me

header ads

Peringati Hari Pangan Sedunia, Dintanpan Rembang Gelar Pangan Murah dan Agro Expo

Wakil Bupati Rembang H Hanies Cholil Barro’ yang sedang mencoba makanan jadul dalam gelar pangan murah dan agro expo.

REMBANG,- Dalam rangka peringatan hari pangan sedunia Dinas Pertanian Tanaman Kabupaten Rembang gelar agro expo gerakan pangan murah, lomba Cipta menu, dan icip icip jajanan Jadul di halaman kantor, Jumat (13/10/2023).

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Rembang H Hanies Cholil Barro’ diserbu pengunjung ibu-ibu. Bahkan sebelum diresmikan penjualan gerakan pangan murah sudah lebih dulu habis karena banyaknya ibu yang pingin membeli beras, gula,  telur minyak goreng semuanya ludes sebelum dibuka.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Rembang (Dintanpan) Agus Iwan Haswanto menyampaikan bahwa  gelaran pameran expo ini kami juga undang anak dari SMP IT Al Kahfi. Karean jaman sekarang ini banyak generasi muda  yang tidak mau lagi menjadi petani. 

" ini tentunya sangat menghawatirkan kita semua. Karena kedaulatan pangan merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari hari,” ujar Agus.

Kami juga menampilkan produk-produk mesin pengupil jagung, perajang tebon jagung untuk pakan terna, pembuatan tas plastik dari bahan yang terbuang dan juga beberapa prodauk olahan tradisonal mulai dari Kopi bubuk untuk kopi lelet, sirup kawis, legen jajajan tempo dulu kami tampilkan yang nanti akan kami bagikan secara gratis.

Ia juga menambahkan selain ada lomba cipta menu dari bahan non beras kami juga menampilkan kegiatan UMKM dari 14 kecamatan yang terbagi di stand stand yang telah kami sediakan dan gerakan minum susu oleh anak-anak dari SMP IT Al Kahfi yang bekerjasanma dengan Dinas peternakan  Kabupaten Rembang.

Wakil Bupati Rembang Hanis Cholil Baro’ ia sangat mengapresiasi apa yang telkah dilakukan oleh Dintanpan Rembang  dengan biaya hanya 25 Juta dapat melaksanakan kegiatan yang menurutnya sangat membantu dan menginspirasi kegiatan generasi muda.

Yang sangat menyenangkan “ujar Hanies adalah mencoba makanan jadul yang merupakan makanan tempo dulu yang anak-anak sekarang sudah hampir tak mengenal. Dan makanan ini cocok bila kita berikan kepada anak-anak kita yang stunting, dari maknan yang ada ini semuanya bergizi cukup tinggi.

Perlu dikembangkan lagi pak Iwan ,ucap Hanies dihadapan pengunjung dan tamu undangan yang hadir. Ini perlu ada kelanjutan kegiatan yang menurut saya sangat positif sekali. Dengan kemasan pameran expo murah akan menjadi serbuan bagi ibu rumah tangga yang juga penggemar kulinar jadul.

Salah satu penghasil produk kopi lelet (kopi untuk batikan rokok)  asal Sumberjo Rembang mengatakan bahwa dengan produk UMKM yang ditampilkan ini menginpirasi kami untuk memasarkan lewat pasar murah seperti ini. Bahkan roduk kami ini juga sudah diminati banyak orang orang di luar kota Rembang.

Perlu diketahui pameran kedaulatan  pangan di Kabupaten Rembang biasanya di buka setiap bulan sekali  di hari jum.at . untuk menampilkan prodak-unggulan di tiap kematan yang telah dikoordinir oleh para ppl di masing masing kecamatan. (Sigit)

Posting Komentar

0 Komentar