About Me

header ads

Makanan Mengandung Pewarna Tekstil Ditemukan di Bazar UMKM Gebyar Ramadhan Blora

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Propinsi  Jawa  Tengah melakukan  pengecekan makanan di beberapa stand Bazar UMKM  Gebyar Ramadhan Kabupaten Blora yang diadakan Dekranasda  di Alon Alon Blora, Selasa  (18/3/2024).

APT. Norra Sutremiyanti, Subkoord Farmalkes Dinkes Kabupaten Blora  menyampaikan pihaknya mengambil sampel makanan pada stand bazar untuk mengetahui apakah ada makan yang mengandung bahan yang berbahaya.

Dijelaskan  Norra Sutremiyanti, setelah melakukan pengecekan dari 10 sempel makanan di bazar UMKM, ditemukan makanan yang  dijual  mengandung Rhodamine B yaitu bahan berbahaya yang digunakan pewarna tekstil  pada  krupuk.


APT. Norra Sutremiyanti, Subkoord Farmalkes Dinkes Kabupaten Blora

" Makanan tersebut bukan produksi dari Blora, akan tetapi krupuk dari wilayah Kabupaten Bojonegoro yang di jual di bazzar Gebyar Ramadhan Blora  dan makanan tersebut kita ambil agar tidak dijual maupun dikonsumsi masyarakat Blora, " terangnya. 

Terkait adanya temuan makanan berbahaya yang mengandung pewarna tekstil, Norra Sutremiyanti, menjelaskan Dinkes akan selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Selain itu, Norra Sutremiyanti menambahkan pihaknya akan melakukan  koordinasi dengan lintas sektor serta menghimbau kepada masyarakat agar sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna tekstil tersebut.

" Kami akan melakukan sidak di pasar-pasar dan swalayan agar makanan yang beredar di Kabupaten Blora itu terjamin mutu dan kualitasnya sehingga kesehatan masyarakat terjaga," pungkasnya. (ms dhe &hd) 

Posting Komentar

0 Komentar