About Me

header ads

Menang Mutlak, Hari Juli Prihatianto Pimpin Primkokar Bina Wana Karya

 


REMBANG,- Primkokar Bina Wana Karya (BWK) lakukan tutup buku tahun  2023 di Hotel Pollos Rabu (6/03/2024)

Acara itu dihadiri Adm Mantingan sebagai Pembina Koperasi, Indakop dan UMKM dan PKPRI seerta perwakilan dari masing-masing Komda, Medang, Sudo, Kalinanas, Kebon dan Ngiri.

Kepala Indakop Kabupaten Rembang yang diwakili bidang perkoperasian Awang Budiono menyampaikan bahwa salah satunya adalah di aplikasi reset yang dikembangkan oleh pemerintah adalah ada namanya adalah Nomor Induk Berusaha (NIB).

" NIB ini merupakan nomor identitas pelaku usaha yang diatur dalam klasifikasi Buku lapangan Usaha Indonesia (KBLI) tahun 2020 yang dibedakan menurut jenis aktifitas ekonomi yang menghasilkan out put alias prodak dalam wujud barang maupun jasa,”ujar dia.


Ketika  koperasi memiliki usaha, dijelaskan Awang, selain di Simpan pinjam Kami harapkan juga tadi diseterankan dari bapak ketua operasi ini ada unit pengadaan barang jasa nah ini juga diharapkan nanti. 

" Juga ke depan ini untuk pengurus itu ada namanya adalah sertifikat kompetensi dan kita ke depan pengurus lebih kapabel dan mengerti dalam menjalankan koperasi,”terangnya.

Sementara itu Ketua Koperasi Sugiyanto, mengarahkan untuk kedepannya Kompetensi pengawas yang berkaitan dengan manajerial perkopersian diharapkan ke depannya mampu berpikir berkaitan dengan adanya sertifikat kompetensi bagi para pengurus.

Untuk persaingan tahun 2024 koperasi kita agak berat mengingat tahun ini banya anggota yang pensiun hampir 25 orang lebih. Tentunya ini akan sangat mengurangi jumlah permodalan kita. 

Tahun 2021 modal kita Rp  2. 029.744.594,- tahun 2022 Rp. 2.104.323.629,- dan tahun 2023 Rp. 2.101.920.717,- ” 

sedangkan untuk modal dari luar Rp 1.509.377.923,- tahun 2022 Rp. 1.529.094.640,- thn 2023 1.301.826.557,-. 

Jumlah modal keseluruhan tahun 2021 Rp 3.539.082.517,-,tahun 2022 Rp. 3.633.418.269,- tahun 2023 Rp. 3.403.729.274,-

" Keberhasilan kita dalam mengelola dan menyisihkan Sisa Hasil Usaha itu ditropang adanya kerjasama bidang angkutan hasil hutan dari KPH mantingan dan KPH Blora dimana koperasi kita sebagai vendornya,"jelasnya.

Pembina Koperasi BWK Ir. H. Marsaid berharap kedepannya pengurus nanti yang terpilih untuk bisa membuka peluang usaha bidang lain agar keuntungan dan koperasi BWK bisa lebih maju dan berkembang.

Diterangkan Marsaid, di Anggaran Dasarnya untuk ditambahkan agar pejabat yang pinjam untuk dibatasi karena masih banyak pejabat yang pindah dan masih menunggak pinjaman.

"  Kalau diminta untuk mengansur amat sangat sulit , janjinya mesti klau nanti saya dapat uang pensiun,”ungkap dia.

Koperasi memang untuk mensejahterakan anggota,agar koperasi tetap sehat pengurus nantinya dapat nmenjadi filter untuk peminjam, artinya saat ada anggota mengajukan pinjaman dan bila gaji sudah tidak bisa dipotong ya jangan di cairkan terlebih dahulu. 

Dan yang lebih jangan pilihkasih dalam memberikan pinjaman baik jangka pendek maupun jangka panjang.

 Karena masih ada juga kebijakan pinjaman untuk corporate yang tidak diputuskan dalam RAT. Ini kadang kebijakan yang menimbulkan kecemburuan bagi anggota ,ucap salah satu anggota dalam RAT yang tidak mau disebut namanya.

Usai pertanggung jawaban RAT tahun 2023 dan program kerja tahun 2024 di setujui anggota agenda terakhir pemilihan pengurus baru untuk tiga tahun ke depan. Pemilihan pengurus dipimpin langsung oleh Ketua PKPRI Rembang Sahroni. 

Ia berpesan untuk pemilihan pengurus baru ini jangan sampai panas dan adu argumen yang berlebihan. 

" Bila ada perselisihan maupun permasalan kita duduk bersama untuk dimusawarahkan,"papar Sahroni.

Dengan pemilihan langsung secara tertutup ini kandidat ketua  Hari Juli P yang merupakan Asper Kebon diusung oleh beberapa orang akhirnya menang mutlak dengan perolehan suara 143, sekretaris diduki oleh Joyo Suwito Kaur Kesisteman dengan perolehan suara 129 sedangkan bendahara diduduki oleh Bambang Budiono dengan perolehan suara 119.

Sedangkan untuk pengawas yang terpilih yang juga melalui pilihan langsung tertutup Ismartoyo memperoleh  suara 53, M Rif Muslikhun memperoleh suara 41 dan Asih Widajati memperoleh suara 27. 

Pengurus baru yang telah terpilih dilanti oleh Kabid Perkoperasian Awang Budiyono. (Sigit) 

 

Posting Komentar

0 Komentar