About Me

header ads

Peresmian RSUD Samin Surosentiko, Kepala Dinkes Ingatkan Anak Tidak Konsumsi Minuman Tinggi Gula

Peresmian  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Samin Surosentiko Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora  diresmikan Bupati Blora  Arief Rohman, S.IP., M.Si, Senin (4/3/2024).

Peresmian yang disertai pemotongan tumpeng itu dhadiri Wakil Bupati Blora,  Forkompimda dan  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten serta  Kepala  Kepala Dinas Kabupaten Blora.

Edi Widayat S.Pd., M.Kes., M.H. sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora mengatakan, RSUD Samin Surosentiko tipe D tersebut terletak di wilayah Blora Selatan,  lebih tepatnya di sebelah Kecamatan Randublatung.

Dengan diresmikan Rumah Sakit tersebut, kata Edy Widayat diharapkan bisa membantu masyarakat sekitar sini,  nanti bila sakit tidak harus jauh-jauh datang  ke Cepu atau ke Blora untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

" Terutama bagi anak-anak yang butuh keseriusan dalam penanganan kesehatan dengan maraknya penyakit demam berdarah untuk saat ini," ujarnya. 

Ditambahkan Edi Widayat  agar  anak- anak  untuk tidak mengkonsumsi minuman manis yang di jual bebas.

 Ia juga menekankan angka diabetes saat ini pada anak semakin meningkat, waspada konsumsi minuman manis dan pola makan anak Karena  tingginya angka diabetes pada anak tidak lepas dari kebiasaan mengonsumsi gula,   baik melalui makanan atau minuman manis.

" Dengan mengkonsumsi gula tinggi pada usia dini dapat meningkatkan risiko obesitas,  diabetes,  penyakit jantung,  dan masalah kesehatan lainnya pada masa dewasa,” ucap  Edi Widayat 

Seperti diketahui, mekonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan obesitas yang pada akhirnya juga turut meningkatkan risiko diabetes.

Lebih lanjut kepala Dinas Kesehatan  Edi Widayat  mengatakan,  kurang kontrolnya orang tua dan sekarang menjamurnya minuman- minuman instan misalnya teh yang di jual bebas juga akan menambah anak-anak terkena diabetes usia muda.

Paparan gula tinggi pada usia dini juga dapat mengganggu metabolisme tubuh anak dan mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan secara keseluruhan.

Kemudian di wilayah Blora saat ini minuman instan utamanya teh belum pernah mengajukan ijin,  Pelaku Industri Rumah Tangga Pangan (PIRT-P)  karena selama ini Dinas Kesehatan belum pernah mengeluarkan atas permintaan pemilik,” pungkas Edi Widayat.

Sementara Bupati Blora  H.Arief Rohnan dalam Sambutannya berharap RSU Samin Surosentiko di  Randublatung segera mengupayakan untuk pasien BPJS, dan berharap  bisa menghandel layanan kesehatan bagi warga di Blora Selatan.

" Segera diurus supaya RSU ini bisa melayani pasien BPJS. Mudah-mudahan bisa memberi layanan kesehatan secara maksimal untuk warga di Blora Selatan,’’ kata Bupati Blora.

Bupati Blora minta agar RSUD Randublatung segera bekerja sama BPJS Kesehatan di tahun ini. Mengingat Kabupaten Blora sudah Universal Health Coverage (UHC) di atas 95 persen. 

" Sehingga pasien dengan BPJS nantinya bisa segera terlayani. Oleh karena itu dari manajemen kami minta untuk membuat tahapan-tahapannya, time schedule-nya,” ucap Bupati Blora. (***)

Posting Komentar

0 Komentar