About Me

header ads

Resiko Tinggi Relawan Bencana, BPBD Blora Gandeng BPJS Ketenagakerjaan

Relawan bencana sebagai garda terdepan dalam penanggulangan bencana harus siap menghadapi segala risiko yang akan terjadi, baik dari kemampuan individu maupun jaminan kesehatan. 

Mengantisipasi dampak dan risiko saat bertugas, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten  Blora menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

Kepala Pelaksana BPBD Blora, Mulyowati saat mengikuti  talkshow dalam Gebyar Ramadhan  dengan  bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan di Alun-alun Blora, Minggu (17/3/2024).

" Para relawan memiliki risiko yang tinggi ketika bertugas dalam penanggulangan bencana, " ujar Mulyowati. 

Mulyowati menerangkan dengan kerjasama BPJS Ketenagakerjaan, menjadikan para relawan bisa diakomodir dalam kecelakaan kerja maupun jaminan kematian waktu menjalankan tugas.

" Hanya dengan membayar Rp 16.800 sudah mendapatkan jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM)," ucapnya. 

Menurutnya, kondisi saat ini banyak bencana yang terjadi bisa menjadi rujukan untuk relawan bekerja bila terjadi bencana hal yang tidak diinginkan.

" Saya baru tahu bila ada program dari BPJS Ketenagakerjaan tidak harus membayar terus tapi bila dibutuhkan kita baru membayar untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, "ujarnya.

Lebih lanjut Mulyowati menerangkan jaminan ini dibayarkan sebelum pelaksanaan kegiatan akan terlayani oleh BPJS Ketenagakerjaan dan bisa memperoleh jaminannya.

Mengenai jumlah relawan di Blora ada berbagai macam jenis tapi yang ada di BPBD Blora Mulyowati menambahkan setelah mengadakan sosialisasi pengurangan resiko langsung rencana mengadakan pengukuhan ketua relawan dari berbagai organisasi relawan yang ada di Blora.

Khusus relawan Kabupaten Blora ada tim TRC (Tim Reaksi Cepat) yang sering kita kirim ketempat yang mengalami bencana bersama relawan.

"Sesuai instruksi dari BPBD  provinsi tim relawan dan TRC bergerak setelah membantu dari Kabupaten Grobogan ke Kabupaten Demak yang juga mendapat bencana, " tegasnya.

Dengan harapan mudah-mudahan para tim relawan bisa saling bertemu dan rasa  kebersamaan yang di tanamkan dalam membantu daerah yang mengalami bencana. (ms dhe&hd)

Posting Komentar

0 Komentar