About Me

header ads

SSN Bentuk Karakter Keimanan, Ketaqwaan, serta Akhlak Pelajar

Dinas Pendidikan Kabupaten Blora hadir dalam acara Talk Show Gebyar Ramadhan 1445 H/2024 W,  dengan tema "Sekolah Sisan Ngaji"  bertempat di Alun-alun Blora, Kamis (4/4/2024).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, SUNARYO S.Pd, M.Si, dalam kesempatan itu menjelaskan, kegiatan Talk Show tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman dan pelayanan kepada masyarakat terkait  masyarakat di Kabupaten Blora. 

Ditambahkan oleh Sunaryo, Sekolah Sisan Ngaji (SSN), merupakan satu program untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Blora

" Kemudian yang bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam penerapan pengetahuan keagamaannya yang diselenggarakan pada pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, " jelasnya. 

SSN, menurut Sunaryo memuat praktik keagamaan bagi siswa dari semua agama yang dianutnya meliputi Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Dengan program SSN ini, ujar Sunaryo diharapkan siswa akan memiliki karakter Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berahlak Mulia sesuai dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang pertama. (ms dhe&hd)

PRINSIP

Pengembangan SSN memperhatikan beberapa prinsip sebagai berikut:

1. Kesesuaian dengan Perkembangan Siswa.

2. Keutuhan Kompetensi.

3. Keterkaitan dengan Potensi dan Keunikan Daerah.

4. Fleksibilitas dalam Jenis, Bentuk, dan Pengaturan Waktu Penyelenggaraan.

5. Kebermanfaatan.

6. Apresiatif.

TUJUAN

1. Meningkatkan kualitas iman dan taqwa siswa.

2. Menguatkan pelaksanaan praktik ibadah dalam kehidupan sehari - hari.

3. Menumbuhkembangkan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan dalam keagamaan.

4. Membentuk manusia yang berakhlaq mulia dan mampu menjaga kedamaian kerukunan antar umat beragama.

5. Melestarikan dan mengembangkan keunggulan dan kearifan daerah terkait keagamaan yang berguna bagi diri dan lingkungannya dalam rangka menunjang kualitas sumber daya manusia.

Posting Komentar

0 Komentar