About Me

header ads

Sekretaris DPK Blora Dorong Pengelola Perpustakaan Sekolah Maksimalkan 7 Aset Kurikulum Merdeka


Blora,- Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora, Titik Umiyati S.Pd.,M.Si, mengungkapkan apresiasi atas peran penting perpustakaan di lingkungan sekolah. Di aula DPK Blora, pada acara pembukaan Bimbingan Teknis Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Menuju Standar Nasional Perpustakaan (SNP) untuk jenjang SMP tahun 2024, Selasa (14/05/2024), Titik Umiyati mewakili Kepala DPK Blora Mohamad Toha Mustofa S.Si, M.Kes, menekankan pentingnya memanfaatkan aset yang ada untuk meningkatkan kualitas perpustakaan.

Dalam pidatonya, Titik Umiyati menekankan perpaduan antara perpustakaan sekolah dengan sumber daya manusia di lingkungan pendidikan sebagai kunci utama untuk berinovasi. "Kolaborasi dengan sumber daya manusia yang ada di sekolah, menjadi alternatif bapak dan ibu untuk bisa berinovasi dalam memaksimalkan perpustakaan," ungkapnya.

Manfaatkan 7 Aset Kurikulum Merdeka

Titik menegaskan bahwa pengelola perpustakaan harus memanfaatkan tujuh aset dalam kurikulum merdeka, termasuk pemanfaatan sumber daya manusia dan lingkungan sekitar. "Tiap sekolah tentu kondisinya berbeda sehingga panjenengan yang ada di perpustakaan diharapkan bisa memaksimalkan sumber daya yang ada di sekolah," tambahnya.

Pihaknya juga mengajak pengelola perpustakaan sekolah untuk berkolaborasi dengan DPK Blora guna mencari solusi terbaik dalam pengelolaan perpustakaan. "Untuk Bimtek di Perpustakaan ini panjennengan diharapkan sebagai garda terdepan memaksimalkan perpustakaan di sekolah," ucapnya.

Komunikasi yang Baik Dengan Kepala Sekolah

Selain itu, Titik Umiyati mendorong pengelola perpustakaan SMP untuk berkomunikasi dengan Kepala Sekolah guna menggelar berbagai kegiatan, seperti lomba sinopsis dan membaca, yang dapat menciptakan duta baca yang berprestasi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Perpustakaan Setya Pujiono, S.Sn, melalui subkoordinator bidang perpustakaan DPK Blora, Arif Chusaini, SE, menjelaskan tujuan diselenggarakannya Bimtek bagi tenaga pengelola perpustakaan sekolah. Menurutnya, Bimtek bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan para peserta agar pengelola perpustakaan dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik dan profesional.


Sasaran dan Materi Bimtek SNP

Bimtek ini diikuti oleh 50 orang pengelola perpustakaan SMP tahun 2024, dengan narasumber dari pejabat struktural DPK Blora, Asesor Akreditasi Perpustakaan Jawa Tengah, dan Pejabat Fungsional Pustakawan. Pelaksanaan Bimtek berlangsung selama 32 jam dengan 12 materi pelajaran yang meliputi berbagai aspek manajemen perpustakaan.

Bagi peserta yang menyelesaikan Bimtek dan dinyatakan lulus, mereka akan diberikan sertifikat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Blora melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Blora.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pengelola perpustakaan sekolah dapat meningkatkan kualitas layanan dan manajemen perpustakaan sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan literasi dan pengetahuan di kalangan siswa. 

Posting Komentar

0 Komentar