About Me

header ads

Bekali Kader Posyandu, Dinkes Blora Gelar Jambore

Untuk meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan semangat kader Posyandu  dalam melakukan pelayanannya di masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabuaten Blora menggelar Jambore Kader Posyandu  di Blora  di Gedung Dakwah Muhammadiyah Blora, Rabu (26/6/2024).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Blora, dr Diah Pusparini MH,  mengatakan kegiatan Jambore Kader Posyandu se Kabupaten Blora ini perwakilan 26 Puskesmas dan masing-masing ada 4 kader.

" Tujuan jambore ini adalah untuk  membekali kader posyandu," terangnya. 

dr Diah menjelaskan, dengan program baru yaitu  Integrasi Layanan Primer (ILP) dan karena kader kerjanya di Posyandu jadi masuk dalam program integrasi layanan primer. 

Menurut dr. Diah Pusparini, dalam layanan Posyandu  yang dulunya tidak ada kunjungan rumah, maka sekarang ada kunjungan ke seluruh KK.

"  Dan yang dulu tidak ada screening sekarang ada screening," ucapnya. 

Dengan begitu, dikatakan dr. Diah harapannya masyarakat datang ke Posyandu itu bukan hanya karena sakit, atau yang datang di posyandu bukan hanya ibu-ibu dan balita tapi  bapak-bapak bisa datang ke Posyandu bisa untuk pemeriksaan tensi, pemeriksa gula darahku atau pengen tahu kadar kolesterolnya.


Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kab. Blora, dr Diah Pusparini MH, 

" Semua kader-kader posyandu ini harus lulus 25 kompetensi, di antara jenjang kompetensi  stratanya yaitu  Purwa, Madya kemudian yang  paling tinggi Kompetensi Utama dan kader ini harus melalui uji kompetensi, " paparnya. 

dr. Diah juga menyampaikan, kader harus terampil juga berpengetahuan jadi kader Posyandu benar-benar yang maksimal dan tentunya yang terbaik iuntuk masyarakat.

Sebagai informasi,  di Blora ada1313 Posyandu yang tersebar diseluruh Kabupaten Blora dan yang sebagai canangan awal atau sebagai promotor awal itu ada 142 pos dari 10%-. (ms dhe&hd)

Posting Komentar

0 Komentar