About Me

header ads

Cegah KLB, Dinkes Blora Gelar Pertemuan Tatalaksana Malaria Bagi Dokter

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora melalui Subkoordinator Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) menggelar pertemuan tatalaksana malaria bagi dokter  rumah sakit dan puskesmas di Rumah Makan Joglo, Selasa (25/6/2024).

Sutik, S. Kep., Ns., MM., yang menjabat sebagai Sub koordinator Seksi P2PM Dinkes Kab. Blora mengatakan penyakin menular seperti malaria  menjadi persoalan  kesehatan di masyarakat luas dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia.

Penyebab malaria, dijelaskan Sutik adalah parasit plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles betina. 
" Diantara macam spesiesnya yaitu, plasmodium falciparum, plasmodium vivax, plasmodium ovale, plasmodium malariae dan plasmodium knowlesi,"terangnya.

Ditambahkan Sutik, dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular seperti malaria ini  Dinkes Kab.  Blora masih ada kendala yang harus dilakukan sebagai upaya penanggulangan penayakit malaria secara komprehensif.

" Upaya penanggulangan secara komprehensif ini bertujuan menurunkan angka kesakitan, kematian dan mencegah Kejadian Luar Biasa ( KLB ) diantaranya yakni belum semua dokter / tenaga medis mendapatkan ceramah klinik terkait dengan tata laksana malaria," ucapnya.

Lanjut Sutik, bahwa kegiatan ceramah tata laksana malaria bagi dokter rumah sakit  dan puskesmas se-Kabupaten Blora sangat penting untuk menurunkan angka positif dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Blora. (ms dhe&hd)

Posting Komentar

0 Komentar