About Me

header ads

Jalan Tembus Desa Kedungrejo ke Desa Mondoteko Kini Jadi Tempat Pembuangan Sampah

 

REMBANG,- Jalan tembus Desa Kedungrejo ke Desa Mondoteko yang beberapa waktu yang lalu sudah diperbaiki kini jadi pembuangan sampah oleh masyarakat. Warga pengguna jalan utamanya  pesepeda mengeluhkan banyaknya sampah yang bila terkena hujan sangat berbau menyengat.

Hal ini dibenarkan oleh Kastari  warga dukuh Mbesi  RT 02/RW 01 desa Kedung rejo yang sedang menggarap sawah mengatakan kepada awak media, Kamis (4/07/2024).

Ia menjelaskan awal mulanya tepi  jalan cinta itu jadi pembuangan sampah. Kastari mengatakan, dulu warga banyak yang membuang  sampah di ladang miliknya. 

" Kami peringatkan jangan lagi buang sampah disini . Agar mereka tidak lagi membuang sampah di sini, tanahnya kami tanami rumput gajah sepanjang  tanah saya, yang berhimpit dengan jalan," jelasnya. 

Namun  paginya tumpukan sampah sudah ada lagi di kanan jalan yang masuk  wilayahnya Desa Mondoteko.

" Kami memberitahunkan kepada yang mempunyai tanah bahwa tanahnya dijadikan pembuangan sampah oleh orang-orang dari luar desanya," ujarnya. 

Paginya dipasang tulisan “Dilarang membuang sampah di sini!!. Namun tulisan itu tidak bertahan lama dan hilang sendirinya, " lanjutnya. 

Dijelaskan oleh Kastari, bahkan beberapa warga penggarap sawah sekitarnya sudah memasang memedi  sawah untuk  menakut-nakuti pembuang sampah yang dilakukan pada malam hari. Namun itupun tidak bisa mencegah para pembuang sampah.

Kepala Desa Kedungrejo, Agus Yulianto ketika dikonfirmasi membenarkan  bahwa secara adiministrasi masuk wilayah desa Mondoteko. 

" Kadang masyarakat  awam  menganggap wilayah itu masuk ranah desa Kedungrejo, padahal tidak,”terang Agus.

Lanjut Agus, bahkan dengan beberapa warga pernah kerja bakti untuk mengangkut sampah menggunakan kendaraan tossa dan memasang baner larangan untuk tidak membuang sampah di sana. Dan larangan itu juga tidak bertahan lama.

" Kami sudah berupaya  secara maksimal, namun anggaran yang kami gunakan juga terbatas untuk pembangunan desa kami sendiri," ucapnya. 

Ia juga berharap pemerintah desa Mondoteko bisa menangani masalah sampah ini. Apabila kami dilibatkan kami dengan senang hati akan membantu membersihkan sampah di pinggi jalan cinta itu,ungkap dia. 

Hal itu juga dibenarkan oleh Sekdes Kedung rejo. Bahwa pembuang sampah itu rata-rata dari desa lain yang mungkin dirumah itu gak punya halaman.

" Tetapi bagi warga yang punya halaman sampah mereka bakar sendiri," tandasnya.

Wakil ketua BPD Desa Mondoteko, Agus Sutomo menghimbau untuk pemerintahan desanya bisa bertindak untuk mengatasi masalah sampah yang berserakan di wialayah desanya yang kebetulan berhimpitan dengan desa Kedungrejo. 

" Padahal  di sebelah barat juga sudah ada penampungan sampah yang dibangun oleh DLH Rembang. Maka perlu sinergitas antar desa sekitar,”pungkasnya. (sigit)

Posting Komentar

0 Komentar