About Me

header ads

Kerjasama dengan BLK, Pemdes Buluroto Gelar Pelatihan Menjahit

Pemerintah Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Blora menyelenggarakan pelatihan menjahit pakaian dewasa bertempat di Pendopo Balai Desa setempat, Senin (8/7/2024). 

Kepala Desa Buluroto, Margono berpesan kepada peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini dan jangan sampai setelah selesai ilmu ini tidak dimanfaatkan,

Menurut Margono program tersebut berasal dari pemerintah dan rata-rata pesertanya warga sekitar desa yang ingin menambah penghasilan dari menjahit serta pekerjaan ini bisa buat penghasilan sampingan. 

Kepala Desa Buluroto, Margono

‎" Semua peserta belajar mengenal cara membuat pola sampai proses menjahit hingga menjadi pakaian jadi," ucapnya. 

Namun, pihaknya juga memberikan pengetahuan mengenai cara memasang benang hingga merawat mesin jahit.

“Kami berikan materi ini benar-benar dari nol. Cara merawat mesin jahit, pengenalan mesin, nyepul (isi benang), cara mengganti jarum di mesin jahit dan mesin obras,” jelasnya.

Sehingga, setiap peserta yang mendapatkan pelatihan dapat merawat mesin jahit dan obras yang dipakai.

“Jadi kalau di rumah sudah punya mesin jahit, mereka bisa pasang benangnya sendiri,” jelasnya.

Kemudian latihan membuat pola yang akan diajarkan kepada peserta meliputi pola blues, tunic, hem, celemek, dan gamis,

‎Beragam jenis pakaian yang diajarkan kepada peserta sehingga mereka sudah bisa membuat pakaian ketika pelatihan sudah selesai.

“Saya berharap peserta dapat membuat pola dan kemudian mengerti cara menjahit pola pakaian sampai siap digunakan,” pungkas Margono Kades Buluroto. (YS)

Posting Komentar

0 Komentar