About Me

header ads

Lakon Anoman Obong Jadi Juara 1 dalam SMANIS Got Talent SMA N 1 Sumber

 

Pemain sendratari dari Hanoman Obong Fainando, Jatmiko Asfariza, Elsa dan Sang Hinta Ayu.

mediaedukasinet.com.-  REMBANG. SMA N 1 Sumber lestarikan seni budaya ketoprak dan sendratari pewayangan jadi ikon sekolah. Hal itu dikatakan oleh guru pembimbing seni budaya Didik Hartono SPd jang juga Konseling, Selasa (9 /07/2024)

Sejak tampilnya seni Ketoprak SMA N 1 Sumber di Taman Mini Indonesia Indah beberapa tahun yang lalu seni ketoprak langsung menjadi ikon sekolah.  

" Pagelaran seni ketoprak dan sendratari  yang ditampilkan banyak diminati oleh masyarakat.” ujar Didik Hartono.

Pada akhir tahun pembalajaran 2023/2024  beberapa siswa dari kelas X hingga kelas XI mewakilkan dalam kegiatan SMANIS GOT TALENT, yang menampilkan seni tari dan sendratari, tong-tonglek dan Ketoprak.

Dari tampilan 14 kelas yang menampilkan seni budaya akhirnya sendratari  lakon Anoman obong menjadi juara 1 smanis Got Talent. Didik Menjelaskan bahwa  alur cerita Anoman obong yang dipentaskan yang dipentaskan oleh anak-anak kelas X sangat baik sekali. 


Secara singkat Ia membeberkan  alur cerita Anoman Obong,  suatu hari Raden Wijaya raja di kerajaan Pancawati mengajak istrinya Dewi Shita untuk berburu di hutan . diwaktu yang sama Prabu Rahwana juga melakukan perburuan di hutan. Mendengar Raden wijaya membawa istrinya prabu rahwana ingin menculik Dewi shinta untuk dijadikan Istri.

Untuk mengelabui raden Wijaya Rahwana memanggil abdi setianya Kalamarica untuk menyamar menjadi kijang kencana. Dewi shinta sangat tertarik dengan kijang kencana. 

Melihat kijang kencana mendekat maka Dewi shinta langsung keluar dari lingkaran pagar yang telah dibuat oleh raden wijaya. 

Sehingga Dasamuka alias Prabu Rahwana dapat dengan mudah membawa istri raden Wijaya. Untuk mengambil istrinya dari cengkraman Dasamuka Raden wijaya meminta Hanoman untuk mengambil istrinya dengan jalan peperangan. 

" Akhirnya Hanoman dapat membawa Dewi Shinta dan Prabu Dasamuka berhasil dibinasakan,”bebernya sambil mengakhiri cerita singkat penampilan Hanoman Obong.

 Ketoprak Jadi Unggulan pilihan siswa

Sementara itu kepala sekolah SMA N 1 Sumber  ketika dikonfirmasi lewat Whaatshap menyampaikan bahwa karena karena seni Ketoprak merupakan salah satu warisan leluhur yang patut dilestarikan.

Melalui kegiatan tersebut bakat-bakat seni dapat muncul dan sekaligus mengasah talenta seni di dunia peran. Sebagai sekolah budaya tentunya SMN N 1 Sumber berusaha untuk tetp mengagendakan kegiatan tersebut walaupun kadang  tidak utuh satu lakon penuh.

" Kami menyadari bahwa dikalangan masyarakat kecamatan Sumber  kegiatan seni Ketoprak masih menjadi tontonan yang menarik baik untuk anak-anak, kawula muda maupun orang tua," ucapnya. 

Untuk tanggapan keluar,  ditampilkan apa adanya dan disesuaikan dengan jadwal pembelajaran di sekolah sehingga tidak menggagu siswa dalam melakukan latihan.

" Karena sekarang ditahun digital ini kita tetap mengutamakan budaya Indonesia agar generasi muda kita tidak terpengaruh oleh budaya asing yang munculk di layar HP digital. ”pungkasnya. (sigit)

Posting Komentar

0 Komentar