About Me

header ads

BPS Lakukan Sensus Penduduk Lanjutan, Target Selesai Akhir Bulan Ini


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora  melaksanakan sensus penduduk 2020 lanjutan pada tahun ini.

Hal itu disampaikam oleh Kepala BPS Blora Nurul Khoiriyati saat sosialisasi sensus penduduk lanjutan tahun 2020 di Pendopo Kabupaten Blora, (2/6/2022).

Nurul Khoiriyati menyampaikan, sensus saat ini lanjutan dari sensus tahun  2020, karena data belum lengkap.  Untuk tahun ini di mulai tanggal 1 Juni dan berakhir 30 Juni 2022. 

Sosialiasi ini melibatkan camat seluruh kabupaten Blora dengan tujuan mempermudah petugas sensus dalam menjalankan.

"Kendala saat ini belum ada dan mudah-mudahan lancar makanya kita menggandeng pak camat untuk mensosialisasikan pada warga dan pelaksanaan serentak seluruh Indonesia,"ucapnya.

Lebih lanjut, Kepala BPS mengatakan, kegiatan sensus penduduk menjadi penting karena data kependudukan dan penyertanya selalu berubah dari waktu ke waktu sehingga harus diperbarui secara berkala.

Kepala BPS Blora Nurul Khoiriyati sensus lanjutan ini di bagi dalam sistem blok  di seluruh Indonesia  dan sampling acak.

"Saat ini petugas kami baru kelapangan  mendata semua, Pembagian  1 blok sebanyak 16 rumah tangga seluruh Indonesia sama dan di Blora kena sampling 289 desa/kelurahan,"lanjutnya.

Hal ini karena data hasil sensus penduduk tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk seperti jenis kelamin, usia, bahasa, dan parameter demografi lain yang dianggap perlu.

"Sebanyak 83 indikator yang di tanyakan petugas kepada rumah tangga yang kena sampling acak. Karena banyaknya pertanyaaan maka sistem blok yang kami gunakan."tegasnya.

Untuk kabupaten Blora ada 6653 blok sensus  di kabupaten Blora .

"Harapan kami masyarakat tidak takut untuk didata karena data ini tidak ada hubungannya dengan pajak, bantuan tapi hanya tentang demografi saja." (ms dhe & hd) 



Posting Komentar

0 Komentar