About Me

header ads

Ruwatan Ageng Sedulur Sikep Diharap Jadi Agenda Tahunan

 


Menyambut datangny bula syuro (muharam),  masyarakat kampung Samin dari Dukuh Karangpace Desa Klopoduwur,  Kecamatan Banjarejo  menggelar wayangan dengan dalang Ki Sindhunata Gesit Widiharto, S.Sn., M.Sn., dari Semarang, dengan lakon Semar Mbangun Kahyangan.

Dalam acara  wayangan hadir Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., yang hadir bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST., MM., dan Wakapolres Kompol Christian Chrisye Lolowang, SH., SIK., MH., Anggota DPRD Propinsi Padmasari Mestykajati dan kepala dinas Dikporabudpar Blora, Kunto Aji.

Bupati blora  mengapresiasi atas terselenggaranya kembali ruwatan ageng sedulur sikep. Pihaknya berharap tradisi ini bisa menjadi event tahunan sekaligus daya tarik wisata budaya di Blora sekaligus nglestarike adat seni budaya tinggalan para leluhur. 

"Semoga agenda ini kedepan bisa kita dukung bersama menjadi event tahunan,” ucap Bupati.

Mbah Lasiyo, selaku sesepuh sedulur sikep Karangpace, mengaku senang dan berterimakasih atas kehadiran Bapak Bupati lengkap dengan Bu Wakil Bupati dan semua segenap undangan

Mbah Lasiyo menyampaikan  bahwa tradisi ruwatan sedulur sikep di Karangpace, Klopoduwur ini memang rutin dilaksanakan setiap bulan Suro (Muharram).

Dan  diselenggarakan tiap malem Selasa Kliwon, Sebagai bentuk rasa syukur di bulan Suro, membuka laku tahun baru setelah melakukan tirakat dengan laku deder dan ngrowot.

" Warga yang punya hajat biasanya yang membawa nasi tumpeng (brekat) dengan dibungkus daun jati. Tadi didoakan bersama dan dimakan bareng-bareng di Pendopo,” terangnya. (ms dhe & hd) 





Posting Komentar

0 Komentar