About Me

header ads

Bawaslu Blora Berharap Mahasiswa jadi Pengawas Partisipatif


Sasar pemilih milenial, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif terhadap berbagai elemen mahasiswa,  di Rumah Makan Jogelo, Blora, Rabu,  (16/11/2022).

Lulus Mariyonan, SP, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan, agar pemilih pemula atau milenial dapat ikut terlibat dalam proses demokrasi.

“Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang mengajak teman-teman mahasiswa, ada yang dari PMII, IMM, HMI dan GMNI dengan tema strategi pengawasan partisipatif di media sosial,” kata Lulus Mariyonan.

Lebih lanjut, Lulus  menambahkan, tujuan diadakannya sosialisasi tersebut untuk menambah pendidikan demokrasi dan politik bagi pemilih pemula dan pemilih milenial dalam jejaring Bawaslu.

“Melalui pembinaan dan pembekalan ini agar para pemilih pemula memandang politik sesuatu yang krusial. Sekaligus, demokrasi merupakan sesuatu yang sangat penting dan tidak untuk dijauhi,” terangnya.

Untuk  peserta pemilu tahun 2024 nanti dari pemilih kaum milenial meningkat.  Sehingga dengan  pengawasan partisipatif, Bawaslu blora  menggandeng kaum milenial untuk mendalami  proses pemilu untuk mewujudkan sebuah demokrasi yang akuntabel dan transparan. Kemudian, bisa menghasilkan pemilu yang  jujur,lugas ,adil dan akuntabel.

“Kita tahulah bahwa Pemilu tahun 2024 nanti peserta pemilu dari milenial ini meningkat. Ternyata, dari daftar pemilih saja separuh lebih itu dari milenial. Jadi, menjadi sangat penting, kita jadikan sasaran dari sosialisasi pengawasan partisipatif ini,"jelasnya. 

Ditegaskan Lulus, mahasiswa tidak hanya fokus pada penggunaan hak pilihnya saja tapi juga ikut ambil bagian sebagai pengawas partisipatif,” tegas lulus. (ms dhe & hd).





Posting Komentar

0 Komentar