About Me

header ads

TPS3R dan Bank Sampah Diharapakan Jadi Solusi


Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 Bupati Blora meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse-reduce-recycle (TPS3R) dan bank sampah arto moro yang dilaksanakan di Kelurahan Tambahrejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (21/02/2023).

Bupati Blora Arief Rohman dalam sambutannya berharap peresmjan TLS3R dan bank sampah arto moro harus menghasilkan sesuatu, sehingga sesuai nama yang disematkan. 

"Untuk TPS 3R yang ada di Blora ini semoga nanti bisa ditambah lagi, ini untuk percontohan bisa dari Kelurahan Tambahrejo  yang mana saya yakin nanti kalau ini berhasil akan mengurangi problem sampah yang ada di Kecamatan Blora khususnya  Tambahrejo, "ujarnya.

Bupati Blora menambahkan, untuk Kelurahan-kelurahan yang lain disekitar sini juga bisa memanfaatkanya biar mengurangi beban sampah yang ada di TPA kita kalau ini berhasil nanti kita laporkan ke pak menteri untuk nantinya Kelurahan yang lain kita ajukan.

"Ini menjadi solusi untuk penanganan sampah yang ada di Kabupaten Blora ke depan semoga nanti kita masukkan timnya udah ke sini," tambahnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Istadi Rusmanto menyampaikan, inovasi-inovasi dari DLH dengan program tiap Desa dan Kelurahan harus ada bank sampah, nanti kita kolaborasi dengan PMD, sama desa-desa sehingga dalam hal ini dengan adanya bank sampah nanti kita lakukan edukasi pada masyarakat, kita gerakkan bersama PKK yang ada di desa-desa dan Kelurahan.

"Sehingga dalam hal ini LH siap untuk mendampingi kaitannya dengan pengelolaan sampah ini, sehingga sampah bisa tertangani di hulunya," paparnya.

Lanjutnya, kita tidak pantang menyerah kaitan dengan pengelolaan sampah karena ini merupakan kegiatan yang murni dan mulia, harapan kamu bagi masyarakat harus memilah dan peduli dengan sampah karena bila sampah kita biarkan akibatnya bisa menimbulkan bencana.

"Seperti banjir, bias membawa penyakit dan yang lainya, sehingga dengan ini DLH dan semua jajarannya dan stakeholder masyarakat untuk melakukan pembinaan sampah," harapnya. (ms dhe & hd) 

Posting Komentar

0 Komentar