About Me

header ads

Dorong Ekonomi Kreatif, Rahmad Marzuki Gelar Pelatiham Bonsai Serut


Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Provinsi Jawa Tengah, Rahmad Marzuki mengadakan Pelatihan Bonsai Serut yang dilakukan di Balai Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Minggu (19/03/2023).

Rahmad Marzuki menyampaikan, saat mengadakan reses di Bukit Serut pada bulan Februari lalu dirinya melihat potensi bukit serut.

"Saya sampaikan Kepala Desa, untuk diadakan  pelatihan bonsai serut. Hal itu bertujuan untuk pengembangan wisata alam bukit serut," jelasnya. 

Dengan mengambil tema "Untuk Pelestarian Tumbuhan, Pengembangan Wisata Alam dan Peningkatan Ekonomi Lokal"  Rahmad Marzuki berharap dengan pelatihan bonsai ini menjadi sarana untuk pelestarian bukit serut agar tidak punah.

" Bonsai serut merupakan seni bonsai yang merupakan bagian ekonomi kreatif. Karena itu adalah perwujudan dari nilai tambah yang bersumber dari kreatifitas manusia berbasis warisan budaya ilmu pengetahuan atau teknologi," terangnya.


Rahmad Marzuki berharap agar pemuda atau masyarakat Desa Singonogoro bisa terampil membuat atau membentuk bonsai dan bisa dikembangkan dengan tanaman hias.

" Hasilnya nanti bisa dipromosikan di wisata bukit serut dengan ditata yang bagus sehingga bisa menjadi cindera mata bagu yang berkunjung di bukit serut, bonsai serut bisa sebagi ikon dari wisata di bukit serut," ungkapnya. 

Namun demikian, Rahmad Marzuki mengingatkan kepada masyarakat agar selektif, tidak harus semua diambil serta berfikir mengutamakan pelestariannya berkelanjutan dapat dijaga.

Lebih lanjut, kedepannya akan saya koordinasikan dengan Pemerintahan Desa, DPRD Kabupaten Blora dari anggota DPRD  Fraksi Gerinda untuk menindaklanjuti.


" Setelah pelatihan ini jangan sampai berhenti disini, prinsifnya kami dari komisi B dari DPRD Propinsi Jawa Tengah sangat welcome dengan usulan dari masyarakat untuk kemudian melalui fungsi kami untuk membantu mengembangkan potensi yang ada di  Kabupaten Blora," katanya. 

Sementara itu, Kapala Desa Singonegoro, Sarji berharap, potensi wisata bukit serut semakin dapat dioptimalkan, selain itu juga dapat meningkatan ekonomi masyarakat Desa Singonegoro.

"Pelatihan ini sangat bagus ntuk meningkatkan SDM masyarakat, untuk menunjang potensi desa wisata kemarin kami juga sudah diberi aspirasi," tuturnya. (ms dhe & hd) 

Posting Komentar

0 Komentar