About Me

header ads

Deklarasi Damai Pilkades, Demi Jaga Kondusifitas


Sebagai upaya menjaga kondusifitas saat pemilihan kepala desa (pilkades) serentak, Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggarakan deklarasi, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Minggu (19/62023).

Deklarasi damai pilkades serentak diikuti oleh calon kepala desa 27 desa dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Yayuk Windrati  mengajak semua calon kepala desa untuk menciptakan kondusifitas dan mengajak  para pendukung tidak berbuat anarkis.

"Dari 27 desa yang melaksanakan Pilkades  kami sudah monitoring dan evaluasi baru 15 desa  dalam keadaan aman,  terkendali  dan kondusif. Kekurangan yang 12 desa akan kami jadwalkan, " ujarnya.

Lebih lanjut, Yayuk menerangkan terkait masalah anggaran pelaksanaan Pilkades diambilkan dari APBD Blora.

Kepala Dinas PMD Kab. Blora, Yayuk Windrati

" Saat ini sudah masuk ke rekening masing-masing kas desa dan untuk segera dicairkan untuk dipergunakan sesuai rencana anggaran biaya yang sudah dibuat panitia dimasing-masing desa, " jelas Yayuk Windarti. 

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman S. IP, M. Si, juga mengingatkan semua calon kepala desa harus bisa mengendalikan semua pendukung supaya tidak saling anarkis.

" Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang saling mendukung, " jelas Bupati Arief. 

Bupati Arief  dalam kesempatan yang sama juga launching cash management system' (CMS) dan deklarasi aksi damai. Dan dalam sambutan menekankan mulai 1 Juli 2022 semua desa sudah menerapkan aplikasi ini.

" Siap tidak siap desa harus menggunakan aplikasi ini untuk laporan penggunaan anggaran dana desa dan mau tidak mau akhirnya tetap menggunakan aplikasi," ujarnya. 

Seperti diketahui,  pelaksanaan pilkades serentak akan dilaksanakan pada  hari  Sabtu Kliwon  8 Juli 2023. 

Adapun dari 13 kecamatan dan 27 desa yang mengikuti  pilkades, untuk Kecamatan Banjarejo  4 desa, yang terdiri dari Desa  Buluroto, Desa Jati Klampok, Desa Balongsari dan Desa Wonosemi.

Kecamatan  Ngawen terdapat 3 desa, yaitu Desa Bradag, Srigading dan Sumberejo.

Di Kecamatan Japah, ada 3 desa yang menyelenggarakan pilkades, yaitu Desa Gaplokan, Japah  dan Krocok. 

Kecamatan Todanan ada 3 desa, yaitu Desa Kacangan, Sendang, dan Kembang. Kecamatan Jepon 2 Desa, yaitu Desa Gersi  dan, Brumbung. 

Kecamatan Bogorejo cuma 1 desa, yaitu Desa Prantaan. Kecamatan Jiken 2 desa, yaitu Desa Genjahan dan Singonegoro

Kecamatan Randublatung 2 desa, yaitu Desa Bekutuk dan Gembyungan. Kecamatan Kradenan 2 desa, terdiri dari Desa Ngelebak dan Nginggil.

Kecamatan Jati ada hanya 1 desa, yaitu Desa Kepoh.

Kecamatan Tunjungan 2 desa, terdiri dari Desa Sitirejo dan Tambahrejo. Kecamatan Cepu 1 desa, yaitu Desa Jipang. Kecamatan Sambong 1, yaitu Desa Brabowan. (ms dhe & hd) 




Posting Komentar

0 Komentar