About Me

header ads

Stok Pangan di Blora Aman

Ketersediaan stok pangan, terutama beras di Kabupaten Blora hingga akhir tahun ini dipastikan dalam kondisi aman. 

Hal tersebut dikatakan Wakil Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Pati, Rezqy Fathurakhman saat melakukan pengechekan stok beras di gudang Bulog di Desa Tempellemahbang, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, Kamis (7/9/2023).

Rezqy Fathurakhman memastikan stok dan harga pangan dalam kondisi aman terkendali, terutama beras yang saat ini masih tersedia hingga 3500 ton untuk gudang di Blora.

"Stok beras di Blora  terhitung aman. Diperkirakan bulan September - Oktober ada bantuan pangan yang akan digelontorkan ke masyarakat karena fungsi Bulog sebagai stabilisator untuk meredam harga beras yang melonjak tinggi,' ujarnya.

Ia juga menjamin, apabila terjadi peningkatan permintaan beras maka pihaknya akan menyuplai beras dari gudang lain untuk memenuhi kebutuhan. 

" Adapun terkait upaya antisipasi menghadapi El Nino, masih ketersediaan stok beras aman sampai musim tanam ke depan, " jelasnya. 

Selama periode menjelang musim tanam Bulog juga akan ikut dalam menstabilkan harga beras gelar pangan murah dan melalui  Badan Pangan Nasional, Bulog akan menyiapkan beras medium SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan).

"Kita akan terjun langsung menjual berbagai komoditas dan beras SPHP dengan harga murah dalam rangka operasi pasar kita siap dengan dinas yang terkait ," ujarnya. 

Melalui tim pengendali inflasi daerah (TPID)  kabupaten Blora telah menyiapkan strategi pengendalian inflasi dalam menghadapi dampak cuaca ekstrem El Nino.  

Prih Hartanto selaku Kabid  Ketahanan pangan mengatakan, salah satu strategi yang akan dilakukan menghadapi inflasi khususnya beras.

"Kita selalu berkoordinasi dengan Bulog untuk melihat ketersediaan cadangan beras kita langsung cek lapangan di gudang Bulog Blora,"ungkapnya.

Lebih lanjut Hartanto untuk memastikan masyarakat mendapatkan berbagai komoditas secara murah terutama untuk operasi pasar," ungkapnya.

Saat ditanya lebih lanjut terkait ketersediaan pangan Kabupaten Blora Hartanto menegaskan bahwa stok pangan dalam kondisi aman, terutama untuk komoditas beras. (hd & ms dhe) 

Posting Komentar

0 Komentar