About Me

header ads

Usung Tema "Merawat Bumi", 15 Dalang Cilik Unjuk Gigi

Pagelaran wayang anak yang di mainkan 15 dalang cilik itu berlangsung meriah di laksanakan di Desa Nglarohgunung Kecamatan Jepon, Rabu (27/12/2023).

Tema yang di usung dalam pementasan lokakarya dan pementasan wayang anak  "merawat bumi"  dengan lakon " Semar Mbangun Klampis Ireng".

Dalam sambutan Bupati Blora Arief Rohman sangat mengapresiasi dengan di gelar wayang kulit dengan dalang anak.

" Saya berharap ini dapat menginspirasi anak-anak muda di kabupaten Blora dalam mempromosikan tentang lingkungan salah satunya lokakarya dan pementasan wayang sebagai bentuk sumbangsih," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Blora berpesan pada dalang anak untuk tunjukkan bakat dan potensi yang terbaik.

" Jangan takut salah karena jam terbang akan membuat penampilan yang semakin sempurn, " jelasnya. 

Setyo Pujiono, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora ikut menghadiri pentas wayang kulit dalang anak dan sangat mengapresiasi inisiator pagelaran dalang anak dan lokakarya.

"Kegiatan malam ini cukup luar biasa terutama ini penghargaan setinggi-tingginya untuk panitia yang menjadi inisiator dan Alhamdulillah ini bukan yang kali pertamanya dan ini sudah beberapa kali sudah beberapa kali berkelanjutan panitia memiliki acara," ujarnya.

Kabid kebudayaan yang akrab di panggil Gembong ingin kegiatan pedalangan ini masuk dalam pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)  kurikulum merdeka.

"Dengan adanya kurikulum merdeka ini kita bisa mengutamakan sekaligus mengangkat wayang sebagai salah satu muatan dalam kurikulum merdeka," pungkasnya.

Di tempat terpisah Kordinator Kegiatan Program, Muhammad Munasir  lokakarya dan pentas dalang anak ini bisa terlaksana karena tim yang punya konsep dan ide untuk di sampaikan ke kementrian pendidikan dan kebudayaan.(***)

" Konsep gagasan yang kita sampaikan di Kemendikbud dan ternyata di Kemendikbud tersebut ada kata-kata kunci atau tema yang harus kita ikuti untuk mendapatkan pembiayaan ataupun seleksi guna melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan pihak Kemendikbud " ungkapnya.

Lebih lanjut Munasir menjelaskan sebelumnya ada rangkaian acara yang kita persiapkan dari perekrutan minat  anak-anak untuk dalang Blora dan kita ada workshop dan pelatihan selama selama satu Minggu, persiapan pementasan dan malam ini puncak acara pementasan 15 dalang anak yang sebelumnya kita latih didampingi mentor di Sanggar Cahaya Sumirat Desa Purwosari.

Posting Komentar

0 Komentar