About Me

header ads

Cegah DBD, Polsek Jiken Bersama Forkompimcam Lakukan Fogging

Dalam rangka  mengantisipasi dan pencegahan  penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Jiken, Polsek Jiken bersama Kepala Puskesmas, Forkompincam, Kepala Desa Nglebur, Perangkat Desa, dan masyarakat Nglebur melaksanakan fogging di lingkungan desa, Rabu (10/1/2024).

Kapolsek Jiken IPTU Zaenul Arifin menjelaskan, kegiatan fogging merupakan tindakan preventif untuk mencegah tersebarnya penyakit demam berdarah di lingkungan wilayah binaan.

" Makanya Polsek Jiken bekerja sama dengan instansi terkait melakukan penyemprotan atau fogging guna mencegah penyebaran penyakit DBD khususnya diwilayah Desa Nglebur, " ungkap Iptu Arifin.

IPTU Zaenul Arifin mengatakan Fogging sangat bermanfaat sebagai salah satu cara untuk mencegah dari pengembangbiakkan jentik nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

" Khususnya daerah lembab dan basah di bawah kolong ruang Madrasah yang mengandung air hujan,” ungkap Kapolsek Jiken.

IPTU Arifin kembali mengharapkan kepada semua warga Nglebur untuk menjaga lingkungan sekolah dan rumah masing-masing dengan melakukan gerakan 4M plus yakni menguras dan menutup wadah air serta bak mandi, mengubur barang bekas yang dapat menampung air, memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk.

“Dengan kita menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan 4M plus tersebut maka telah ikut membantu mencegah dan menurunkan angka kejadian demam berdarah di Indonesia,” ujarnya. 

Kapolsek Jiken Iptu Zaenal Arifin  juga menghimbau warga dimana musim hujan saat ini, warga dihimbau selalu menguras bak/penampungan air, menutup tempat penampungan air dan memanfaatkan wadah yang biasanya dimungkinkan dapat menampung air.

" Jangan menggantung pakaian yang telah dipakai di dalam kamar,“ ujar Kapolsek.

Sementara itu, Camat Jiken, Joko Lelono menyampaikan sehubungan dengan datangnya musim penghujan dan untuk antisipasi perkembangan nyamuk demam berdarah, Forkompincam, Babinsa, Babinkamtibmas, Ka Puskesmas, Bidan, Kades(perangkat), mengadakan kegiatan bersih lingkungan dan fogging di Desa Nglebur, Kecamatan Jiken.

" Mari tetap waspadai penyakit demam berdarah dengan 3M Plus Menguras, Mengubur, Menutup, plus mencegah perkembangbiak nyamuk. Lakukan pencegahan mulai dari diri sendiri untuk hidup sehat," pungkas Camat Jiken Joko Lelono.(ms dhe &hd) 

Posting Komentar

0 Komentar