About Me

header ads

Sejumlah 373 Penjaga Sekolah Terima Bantuan dari Baznas


Dinas Pendidikan Kabupaten Blora bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora memberikan santunan kepada 373 penjaga sekolahan, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (20/4/2023).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora melalui Sekertaris Dinas, Widodo menjelaskan selama ini para penjaga sekolah hanya mendapatkan tunjangan dari kesra, dan nilainya hanya terbatas. 


" Dengan adanya bantuan dari baznas ini meskipun nilainya  tidak begitu besar, semoga dapat membantu teman teman penjaga sekolahan, " ucapnya.

Dengan pemberian santunan tersebut, Widodo berharap para penjaga sekolah bisa merasakan suasana  lebaran, sedikit kebahagian.

" Walaupun tidak maksimal dalam memberi santunan ini dan juga untuk tambah semangat, " ujarnya. 

Ditambahkan Widodo, Dinas pendidikan merupakan  penyumbang terbesar ke Baznas, yang disetorkan  ke Baznas  sebesar 4.8 milyar dalam 1 tahun.


" Alhamdulilah dari masukan ke baznas juga dikembalikan 50 persen diberikan dua bulan sekali ke Dinas Pendidikan sekitar 396 juta. Total dalam satu tahun sekitar 2.4 milyar, " jelas Widodo. 

Sementara  bantuan Bazanas tersebut, Widodo mengatakan diberikan kepada penjaga dan untuk anak-anak sekolah yang kurang mampu.

Para penjaga sekolah, disampaikan oleh Widodo juga memperoleh BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu,  Dinas Pendidikan Kabupaten Blora juga mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Blora  BPJS Kesehatan.

" Artinya bila teman teman dengan empat anggota keluarga kalau terkena musibah sakit dan sebagai akan ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Blora, " ujarnya. 

Meskipun baru  4 bulan, Widodo menyampaikan nanti saat  perubahan akan diusulkan lagi.

" Sehingga bisa menanggung selama 1 tahun Insyaallah tahun 2024 bisa secara umum bisa di tanggung oleh Pemkab Blora, " tetangnya. 

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Blora H. Achmad Sutaat, menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan merupakan OPD yang memberikan sumbangan zakat paling banyak,  dan sebagai bentuk sinergi dari baznas  memberikan pengembalian. 

Terkait program  pendidikan, Sutaat menjelaskan dari Baznas juga memberikan bantuan berupa beasiswa bagi anak-anak sekolah.

" Selain itu juga ada bantuan suntikan ekonomi untuk usaha yang jumlahnya 1.5 jt, itu sebagai upaya memberdayakan teman teman di lingkungan pendidikan, " ujarnya.

( ms dhe & hd) 




Posting Komentar

0 Komentar