About Me

header ads

Marak Bisnis Coffee Shope, SKB Blora Gelar Pelatihan Barista


Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Blora membuka kegiatan Penyelenggaraan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) jenis keterampilan Barista di Ruangan Tata Boga di SKB, Jumat (9/6/2023).

Kepala SKB, Jumiati SE.MM menyampaikan bahwa pelatihan barista ini sudah tahun ke 4 dari Direktorat Vokasi Kemendikbud Ristek.

" Alhamdulilah 4 tahun berturun  skb di percaya Kendikbud  untuk menyelenggarakan PKW Ketrampilan Barista, " jelasnya.

Jumiati SE MM menerangkan bahwa PKW merupakan program pendidikan kewirausahan, jadi nanti output dari kegiatan ini peserta didik harus bisa mandiri  dengan ilmu yang dimiliki.

Kepala SKB Blora,  Jumiati SE.MM

Dalam pelatihan ini ada 6 kelompok, dalam 1 kelompok terdiri 5 orang  dan setiap kelompok  akan di bantu 1 gerobrak dan 1 set  peralatan barista senilai sekitar 8 jutan.

Dijelaskan pula dalam pelaksanaan kegiatan  berlangsung selama 1 bulan, dengan materi terdiri dari kewirausahan  atau Enterprenersif dan manajemen keuangan permodalan.

Jumiati menjelaskan, dalam pelatihan pihaknya berkerjasama  dengan Bank BRI Cabang Blora.

" Untuk pemasaran kita gandeng LKP Dian Nugraha yang mempunyai program pemasaran, " terangnya. 

Sedangkan untuk teknis barista, Jumiati mengatakan SKB bekerjasama dengan LKPS FILBERT dari Pemalang yang merupakan nara sumber tingkat internasional.

Pada pelatihan barista ini, Jumiati menjelaskan  dimulai dengan mengenal karekteristik kopi, memproses kopi, dan yang lainnya yang dipelajari dalam pelatihan barista ini.

Diterangkan Jumiati, tujuan dari kegiatan ini yakni, memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan pola pikir berwirausaha.

" Sehingga dapat dijadikan bekal berwirausaha, mendorong peserta didik dalam merintis beridirinya usaha mandiri yang dibimbing mitra usaha, " jelasnya.

Jumiati berharap, dengan pelatihan barista itu, ilmu yang diperoleh peserta bisa diaplikasikan untuk berwirausaha mandiri secara berkelompok dengan program PKW barista secara tuntas.

" Mereka bisa merintis dan berhasil dan mengembangkan usaha setelah mengikuti program ( PKW ) untuk tidak ragu dalam membuka usaha, " pintanya. (ms dhe & hd) 

Posting Komentar

0 Komentar