About Me

header ads

Ruwatan & Kirab Budaya Pedagang Pasar Sido Makmur Diharapkan Jadi Agenda Tahunan

Ratusan pedagang Pasar Sido Makmurmenggelar kirab budaya dalam rangka ruwatan atau syukuran weton pasar, Sabtu (16/9/2023).

Mulai start dari eks Pasar Induk Blora mereka pawai menuju  Pasar Sido Makmur  dengan diiringin marching band  dan seni Barongan.

Hari Mulyatno, dari ISI Surakarta  menyampaikan kegiatan kirab budaya Pasar Sido Makmur iini adalah program unggulan sedulur pasar.

Dikatakan Hari Mulyanto, dari ISI  Surakarta sebagai  pendamping berharap kedepannya  akan menjadi program tahunan.

Hari Mulyatno yang merupakan salah satu tim  penggagas kegiatan kirab budaya menyampaikan dari ISI  Surakarta menyiapkan  sekitar 2 bulan untuk melatih sanggar-sanggar  yang ada di Blora termasuk pedagang Pasar Sido Makmur ini baru awal di latih,hanya Sanggar Tari Sekar Melati untuk patron atau panutan.


Hari Mulyatno Mengatakan Program ini merupakan Kerjasama antara Yayasan Purbo Saloka dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan Pedagang Sido Makmur dan Camat Blora  Bambang Soegiyatno MM yang kebetulan Camat Blora sangat konsen terhadap pasar.  

" Pagelaran ini diharapkan dapat mengembalikan tinggalan leluhur tentang budaya pasar, bagaimana untuk menjadikan ruang, publik study, pendidikan, ritual, dan untuk komunikasi antar masyarakat, " jelasnya. 

Sementara Endah Muji Handayani, Ketua Asosiasi Paguyuban Pedagang Pasar menjelaskan kegiatan ruwatan yang diikuti pedagang dari masing-masing pedagang.

" Pedagang  Blok A.,Blok B ,Blok C dan Blok D yang hampir ratusan pedagang meramikan festival Kirab Pasar, " ucapnya.  

Endah menerangkn,  tujuan kirab budaya ini adalah untuk  memohon kepada Allah SWT agar  semua para ledagang  pedagang Pasar Sido Makmur diberi  kesejahteraan, pendapatan meningkat, pasar ramai pembeli, lancar, nyaman, aman.

" Acara yang dikemas sangat menarik ini diharapkan juga sekaligus menjadi daya tarik warga untuk berbelanja, " ucapnya. 

Endah juga berharap dengan acara festival kirab ini agar bisa menjadi agenda tahunan dengan dukungan seluruh Pedagang Pasar Sido Makmur. (ms dhe & hd) 




Posting Komentar

0 Komentar