About Me

header ads

Sosialisasi Empat Pilar, Harmusa Ajak Jaga Keutuhan NKRI

Anggota Komisi XI DPR RI, Harmusa Oktaviani  SE mengajak semua pihak untuk menjaga persatuan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 

Hal itu disampaikan Harmusa Oktaviani saat sosialisasi empat pilar kebangsaan MPR RI di Aula Sumber Rejeki Blora Minggu, (28/1/2024).

Anggota Fraksi Demokrat itu menyampaikan pertemuan sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap anggota DPR/MPR-RI. 

" Dan kegiatan sosialisasi ini demi menjaga keutuhan persatuan berbangsa dan bernegara," terangnya.

Harmusa yang merupakan lulusan Universitas Diponegoro (UNDIP) Fakultas Ekonomi  mengatakan empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. 

"Karena banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita, hal ini empat pilar kebangsaan ini harus kita maknai sebagai alat untuk membangun bangsa kita sendiri," jelasnya. 

Lebih lanjut, Harmusa menjelaskan beberapa poin penting yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan tersebut mencakup Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Menurutnya, Pancasila adalah pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang asas-asasnya wajib diamalkan agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram serta selaras dengan perintah Tuhan Yang Maha Esa.

" Selain itu, kita juga harus mengetahui dan memahami sejarah Pancasila agar kita selalu menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila," ucapnya. 

Melalui sosialisasi, dikatakan Harmusa setidaknya pihaknya dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. 

"Lebih dari itu berbagai konflik yang sedang maupun yang akan terjadi di negeri ini agar dapat diredam atau diselesaikan dengan baik," pungkasnya. (***)

Posting Komentar

0 Komentar